TIPS & TRICK

10 Tips Bermain Billiard dengan Baik untuk Pemula

PELANGIQQ : 10 Tips Bermain Billiard dengan Baik untuk Pemula Billiar atau juga sering disebut dan banyak dikenal dengan nama Bola Sodok merupakan salah satu cabang dari olahraga konsentrasi seperti permainan Panahan, Golf, Catur, dan Aerobik. Terdapat berbagai jenis dalam sebuah permainan sederhana yang dimainkan di atas sebuah meja khusus Billiard ini. Di antaranya yaitu jenis Carom, English Billiard dan Pool.PELANGIQQ

Permainan ini sangat mudah untuk dimainkan dan dapat memicu latihan otak dalam fokus dan konsentrasi. Billiar dapat dimainkan perseorangan maupun dengan tim, sehingga sangat seru dan menjadi pilihan olahraga otak yang menjadi idola di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya.AGENCAPSA

Tips bermain biliar profesional yang mungkin berguna dalam permainan ini yaitu:

10 Tips Bermain Billiard dengan Baik untuk Pemula

  1. Selalu fokus dan konsentrasi penuh saat akan menyodok bola meski terkadang posisi bola di atas meja akan terlihat sangat mudah. Tujuan konsentrasi penuh ini adalah untuk mendapatkan akurasi pemukulan bola yang lebih tepat sasaran. Banyak pemain billiar yang masih mengabaikan dan menyepelekan teknik fokus ini, padahal akurasi terpukulnya bola dalam permainan billiar adalah kunci utama yang harus diperhatikan.
  2. Kuda-kuda tangan atau Bridge tidak boleh goyah. Bridge tangan yang goyah dan tidak benar-benar kuat akan menyebabkan melencengnya pukulan dan bola akan menjauh dari sasaran yang sedang dituju.
  3. Posisi kedua kaki seimbang. Bila pukulan dilakukan dengan tangan kanan maka kaki yang berlawanan harus berdiri di depan. Tentukan sasaran sebelum membuat kuda-kuda tangan atau Bridge untuk menahan stik, agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.
  4. Bola dan ujung stik pemukul harus menbentuk sebuah kurva agar bola dapat terpukul dengan sempurna. Menggunakan Chalk atau Kapur khusus untuk menghaluskan ujung stik sebelum menyodok bola adalah hal yang penting, agar bola tepat sasaran dan tidak melenceng jauh.
  5. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut. Sesuaikan kekuatan menyodok bola dengan kondisi dan jarak bola dan sasaran yang ingin dieksekusi. Lakukan strategi yang tepat sesuai kebutuhan.
  6. Jangan mengoyahkan stik ke samping, melainkan goyangkan stik lurus dan sejajar dengan titik kotak, setelah itu stik bisa digeser mengenai titik pukul pada meja.
  7. Jangan berubah pikiran ketika bola sudah dipukulkan atau disodok. Jangan berpikir untuk mengganti strategi atau hal sejenis lainnya, ini justru bisa menggagalkan pukulan terhadap sasaran.
  8. Rajin berlatih meupakan hal terpenting bagi pemula maupun pemain handal billiar, jangan malas atau pun enggan. Mulailah dari melatih pukulan-pukulan jarak pendek, pukulan menengah, maupun teknik pukulan jarak panjang.
  9. Nikmati, jangan tegang. Selalu berpikir yang positif bahwa teknik dan cara-cara yang kita lakukan sudah benar dan tepat. Latihan yang cukup serta pemahaman atas strategi yang sudah kita dapatkan dalam berbagai latihan dapat melahirkan ketenangan saat bermain baik secara individu maupun dengan tim.
  10. Konsentrasi, dan fokus, akan tetapi tetap rileks dan santai.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *