BERITA UNIK TIPS & TRICK Uncategorized

4 Cara Melamar Kerja sesuai Deskripsi Pekerjaan

4 Cara Melamar Kerja sesuai Deskripsi Pekerjaan

PELANGIQQLOUNGE 4 Cara Melamar Kerja sesuai Deskripsi Pekerjaan. Biasanya ada cukup banyak syarat pekerjaan yang harus dipenuhi oleh kandidat sebelum diterima dan mulai bekerja. Bagi fresh graduate atau yang belum berpengalaman, memenuhi seluruh syarat dari posisi pekerjaan yang ada bukanlah perkara mudah.

Deskripsi pekerjaan sendiri berisi penjelasan mengenai tugas serta tanggung jawab kerja dari sebuah posisi pekerjaan. Dari deskripsi pekerjaan inilah nanti kamu bisa menemukan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan bahkan passion.

Sedikit banyak, adanya deskripsi pekerjaan yang baik ini akan membantu kamu lebih unggul dari pelamar lain sehingga memiliki peluang lebih tinggi untuk diterima bekerja. Oleh sebab itu, memahami deskripsi pekerjaan dapat membantumu menemukan pekerjaan yang sesuai

Selain itu, memahami deskripsi pekerjaan juga membantumu bisa lolos tahap seleksi ketika melamar pekerjaan. Berikut beberapa cara melamar kerja sesuai deskripsi pekerjaan dan kemampuan biar diterima.

1. Pahami Bidang Pekerjaan yang Dilamar

Guna memahami bidang pekerjaan yang dilamar, kamu perlu melakukan identifikasi terhadap pekerjaan yang akan dilamar. Ini merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum mengirimkan formulir pendaftaran diri.

Identifikasi pekerjaan harus dilakukan dengan detail agar kamu benar-benar paham segala hal mengenai pekerjaan yang akan dilamar. Beberapa detail pekerjaan yang harus dipahami di antaranya tingkat pendidikan yang dibutuhkan, jurusan yang sesuai, hingga pengalaman kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Jika seluruh detail pekerjaan yang akan dilamar cocok dengan spesifikasi yang kamu miliki termasuk dengan pengalaman, selanjutnya kamu bisa menuliskan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan tersebut.

Namun pastikan bahwa apa yang kamu deskripsikan sesuai dengan budaya perusahaan yang dilamar. Gunakan bahasa yang menarik sehingga perusahaan yang Kamu lamar tertarik untuk mengajakmu bergabung sebagai pegawai.

2. Pahami Tanggung Jawab Pekerjaan yang Dilamar

Setelah kamu mengidentifikasi pekerjaan dan memahami posisi yang dibutuhkan, maka selanjutnya pahami juga tanggung jawab pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan seluruh tanggung jawab yang dibebankan pada posisi tersebut mampu kamu selesaikan dengan skill yang ada saat ini.

Tanggung jawab yang sesuai skill dapat meningkatkan nilaimu di mata perusahaan yang melakukan rekrutmen. Pada saat menjelaskan mengenai tanggung jawab pekerjaan, lakukan dengan rinci, singkat, dan jelas.

Namun pastikan bahwa kamu tidak terlihat sombong dan merasa bisa ketika memberikan penjelasan. Sebaliknya, tunjukan kamu mampu menyelesaikan tanggung jawab dengan tetap menerima saran orang lain atau rekan kerja.

Disamping itu, kamu juga perlu menonjolkan pengalaman sesuai dengan persyaratan atau kualifikasi yang diminta. Tambahkan juga penjelasan mengenai tanggung jawab dari pekerjaan sebelumnya.

Namun pastikan bahwa tanggung jawab pekerjaan tersebut sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar saat ini. Jika tidak, kamu justru akan kewalahan nantinya.

3. Ketahui Kewajiban Sebagai Seorang Pegawai

Tidak hanya tanggung jawab sesuai posisi yang dilamar saja, kamu juga perlu mengetahui apa saja kewajiban ketika menjadi seorang pegawai. Hal tersebut penting karena kamu akan berhubungan dengan banyak rekan kerja selama menjalankan pekerjaan yang akan dilamar.

Selain rekan kerja, kamu juga harus berhubungan dengan atasan sehingga harus memiliki etika sebagai pegawai yang baik. Ketika meringkas deskripsi pekerjaan tersebut, kamu harus menjelaskan kewajiban sebagai pegawai dengan jelas namun singkat.

Pastikan bahwa kata-kata dan kalimat yang digunakan tidak berbelit-belit dan mudah dipahami orang lain. Dengan penjelasan yang jelas, perusahaan juga bisa tahu bahwa kamu adalah orang yang mudah berkomunikasi. Sehingga adaptasi akan cepat dilakukan dan pekerjaan bisa lebih maksimal.

4. Jelaskan ‘Skill’ yang Kamu Miliki dengan Baik

Cara melamar pekerjaan sesuai deskripsi pekerjaan yang terakhir adalah dengan menjelaskan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Hal ini merupakan tahapan cara yang paling penting karena kebanyakan perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki skill tinggi.

Jelaskan semua skill dan keterampilan yang kamu miliki dengan baik. Tidak hanya skill pekerjaan yang berhubungan dengan posisi yang dilamar saja, namun skill lain yang bermanfaat juga boleh Kamu jelaskan.

Meskipun tidak berhubungan, terkadang skill-skill tambahan tersebut bisa dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih karyawan. Apalagi jika skill kamu yang tidak berhubungan dengan posisi tersebut juga dibutuhkan oleh perusahaan.

Buat makin meyakinkan perusahaan, sertakan seluruh sertifikat yang kamu miliki, baik itu berhubungan dengan posisi yang dilamar maupun tidak. Beberapa skill yang bisa kamu tambahkan di antaranya komputer, bahasa, bahkan problem solving yang baik. Jelaskan juga hal yang kamu pernah dapatkan dari skill-skill yang dimiliki.

Pahami Deskripsi Pekerjaan dengan Baik agar Diterima

4 Cara Melamar Kerja sesuai Deskripsi Pekerjaan , Layaknya proses rekrutmen lainnya, dalam melamar pekerjaan kamu harus mengikuti rangkaian tes yang disediakan. Agar memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diterima, pastikan kamu sudah memahami seluruh deskripsi pekerjaan yang ada. Sebab, cukup banyak perusahaan yang akan bertanya mengenai deskripsi pekerjaan untuk mengetahui seberapa serius kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : 6 Sifat Buruk yang Harus Dihindari Pekerja Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *