Uncategorized

4 Manfaat yang Didapatkan Tubuh pada Saat Berpuasa

4 Manfaat

4 Manfaat – saat berpuasa, kita tidak boleh makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama itu pula tubuh tidak akan menerima asupan nutrisi PelangiQQ

Kurangnya asupan nutrisi selama berpuasa bukan berarti membuat tubuh menjadi tidak sehat. Justru tubuh akan mendapatkan banyak manfaat ketika seseorang sedang berpuasa.Berikut ini adalah hal-hal yang dirasakan pada tubuh saat berpuasa, seperti dikutip dari Huffpost.

Baca juga: 4 Tips Kontrol Emosi di Bulan Puasa

1. Berat badan turun

Dr John Morton, seorang ahli bedah bariatrik mengatakan berpuasa bisa menurunkan berat badan, karena jumlah kalori yang dimakan akan jauh lebih sedikit.

Selain itu, waktu makan yang hanya delapan jam sehari juga bisa mengurangi kemungkinan makan besar sebelum tidur. Saat tidur, metabolisme tubuh akan turun dan kalori yang dibakar pun akan menjadi lebih sedikit, sehingga makan di malam hari bisa meningkatkan risiko terkena obesitas dan diabetes Poker Online

“Puasa benar-benar bisa mencegahmu melakukan beberapa hal buruk seperti makan besar sebelum tidur,” kata Morton.

2. Menyehatkan usus

Berpuasa bisa meringankan kerja usus, karena sistem pencernaanmu tidak akan berurusan dengan berbagai macam makanan tidak sehat yang justru bisa memperburuk kondisi kesehatan.

“Dengan berpuasa, kita meringankan kerja sistem pencernaan secara keseluruhan,” ucap Sharon Zarabi, ketua program diet dan bariatrik di Rumah Sakit Lenox Hill, Amerika Serikat.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Menurut sebuah studi, berpuasa bisa mengurangi terjadinya peradangan di dalam tubuh, sehingga risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, jantung, kanker, dan radang usus akan berkurang.

4. Menyehatkan jantung

Puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida atau lemak pada darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Tetapi semua itu tidak akan terjadi jika kamu tidak berfokus pada penurunan berat badan atau justru malah makan sembarangan setelah berbuka puasa.

Baca jugaWaspada Ancaman Kesehatan karena Kurang Tidur Saat Jalani Ibadah Puasa

4 Manfaat

Saat bulan puasa, bukan hanya pola makan yang berubah tapi waktu tidur juga terganggu. Ini karena kita harus rutin bangun dini hari untuk melakukan makan sahur yang tentunya di luar jam tidur sehari-hari.

Selain itu, tidur malam pun akan semakin lambat dari biasanya karena banyak kegiatan yang ingin dilakukan seperti tarawih. Akibatnya, bisa membuat tubuh lesu bahkan mengganggu kesehatan mental dan fisik.

“Makan sahur sebelum jam 4 bisa menyebabkan kekacauan di tubuh. Akibatnya, bisa menimbulkan konsekuensi negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang,” ujar psikiater di Priory Wellbeing Centre Dubai, Dr Walid Abdul-Hamid Agen Capsa

Mengutip dari Mvmuslim, ahli spesialis penyakit paru dan obat tidur di Medcare Hospital Dubai, Dr Hady Jerdak, mengatakan jika kurang tidur yang terjadi berulang-ulang bisa berbahaya untuk mental. Misalnya, meningkatkan kadar stres, perubahan mood, dan kecemasan yang berlebih.

Itu (kurang tidur) juga bisa melemahkan sistem imun yang berfungsi untuk melawan virus, bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2, serta berbagai masalah yang terkait dengan penyakit jantung

Agar hal tersebut tidak terjadi, Dr Abdul-Hamid memberikan beberapa saran, antara lain:

– Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, baik lebih awal atau lambat dari jam tidur biasa.

– Hindari tidur siang.

– Jangan makan berlebihan sebelum tidur.

– Hindari konsumsi makanan cepat saji atau olahan, karena bisa mempengaruhi kualitas tidur.

– Sering-sering terkena sinar matahari pagi.

– Kurangi paparan sinar lampu saat akan tidur di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *