5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat
Uncategorized

5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat

PelangiQQLounge – 5 Buah Ini Bisa Bantu Memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting yang tak boleh diabaikan. Air dibutuhkan oleh tubuh agar tak kekurangan cairan alias dehidrasi. 

Dehidrasi bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Menurut keterangan dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2010, dehidrasi bisa menimbulkan pusing, kelelahan, masalah pada kulit, kram otot, tekanan darah rendah, hingga peningkatan detak jantung.

Minum air putih adalah salah satu cara untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi makanan berkuah seperti sup dan buah-buahan yang mengandung tinggi air juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi.

Mudah ditemukan, buah-buahan ini bisa menjaga kecukupan cairan tubuhmu. Sering-sering mengonsumsinya, ya!

Berikut 5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan SehatBerikut

1. Semangka

5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat

Manis dan segar, buah ini bisa dengan mudah didapat di pasar tradisional maupun swalayan sepanjang tahun. Disajikan dingin dan dimakan dalam cuaca panas sangat menyegarkan!

Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air. Menurut data dari NutritionData, 154 gram buah semangka mengandung lebih dari 118 ml air. 

Selain itu, semangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, mencakup vitamin C, A, dan magnesium. 

2. Stroberi

5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat

Stroberi juga memiliki kandungan air melimpah yang membuatnya mampu cegah dehidrasi. 

Selain itu, stroberi juga mengandung banyak serat dan mengandung antioksida tinggi yang bisa cegah berbagai penyakit. 

Menurut sebuah laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2016, mengonsumsi stroberi bisa mencegah inflamasi dan stres oksidatif, mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, sekaligus memberi tubuh perlindungan dari pertumbuhan sel kanker. Agen Capsa

3. Blewah

5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat

Blewah memiliki daging buah yang teksturnya mirip dengan melon. Buah yang populer dikonsumsi saat bulan Ramadan ini sering dijadikan campuran es buah dan kandungan airnya pun tinggi.

Sebanyak 177 gram blewah terdiri dari sekitar 90 persen air dan bisa menghasilkan air lebih dari setengah cangkir atau sekitar 118 ml. 

5 Buah Ini Bisa Bantu Tubuhmu Tetap Terhidrasi, Segar dan Sehat

Melansir Medical News Today, blewah juga memiliki kandungan serat yang bisa membuatmu kenyang dan menekan nafsu makan. Blewah juga diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Persik

Buah persik mengandung 90 persen air sekaligus nutrisi menyehatkan seperti vitamin A, B, C, dan kalium.

Selain itu, bila kamu mengonsumsi buah persik beserta kulitnya, kamu akan mendapat khasiat perlindungan terhadap penyakit karena antioksidan yang dikandungnya. Ini merupakan temuan dalam laporan yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food tahun 2009.

Selain itu, buah persik juga bisa diandalkan saat diet karena kandungan kalorinya yang rendah

5. Jeruk

Sudah banyak yang tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah super dengan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Selain kaya akan air, buah yang satu ini juga kaya akan vitamin C. Kandungan seratnya bisa membuatmu merasa kenyang, sehingga mencegahmu makan berlebihan.

Menurut keterangan dari laporan yang dipublikasikan dalam Korean Journal of Urology tahun 2014, mengonsumsi jeruk secara teratur juga bisa mencegah terjadinya batu ginjal  lho Poker Online

Ini karena asam sitrat yang dikandungnya dapat mengikat kalsium oksalat pembentuk batu, lalu membantu mengeluarkannya dari tubuh. 

BACA JUGA : 5 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur

Selain air putih, itulah buah-buahan yang dapat membantumu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu setiap hari. Sebagai bonus, kamu juga mendapatkan berbagai vitamin dan antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu tetap prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *