5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami
TIPS & TRICK

5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami

PelangiQQLounge – 5 Cara Atasi Lidah Terbakar Makan makanan atau minuman yang masih panas tentu akan menambah kenikmatan makanan. Sayangnya, karena kurang berhati-hati, kadang kita tidak tahu bahwa makanan yang kita konsumsi ternyata suhunya terlalu panas dan mengakibatkan lidah terbakar. Akibatnya, ini memengaruhi kemampuan untuk merasakan makanan, menyebabkan sakit, kemerahan, bengkak, lecet, bahkan infeksi.

Walaupun lidah yang terbakar sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan. Berikut ini beberapa cara mengatasi lidah terbakar akibat konsumsi makanan panas.

Berikut 5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan AlamiBerikut

1. Madu

Menurut penelitian dalam jurnal Annals of Plastic Surgery, madu dapat menjadi obat luka bakar karena memiliki sifat antimikroba dan kemampuan untuk merangsang penyembuhan lebih cepat. Madu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat luka bakar di seluruh dunia, bukan hanya luka bakar pada kulit, tapi juga pada lidah dan mulut akibat makanan dan minuman panas.

Selain efektif, madu juga sangat lezat. Tapi, pastikan kamu segera menyikat gigi setelahnya untuk mencegah gigi berlubang akibat gula

2. Lidah buaya

5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami

Lidah buaya dapat menenangkan sel lidah yang rusak, mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta membantu proses penyembuhan. Studi dalam jurnal Burns menunjukkan bahwa lidah buaya dapat digunakan secara efektif untuk mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua.

5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami

Caranya, ambil gel lidah buaya dari daun, lalu oleskan ke lidah selama beberapa kali hingga rasa panas mereda. Atau, kamu juga bisa membekukan gel menjadi es batu untuk dihisap agar lidah lebih dingin. Agen Capsa

3. Air garam hangat

5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami

Penelitian di Journal of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgery menemukan bahwa mengoleskan air hangat dapat membatasi kerusakan akibat luka bakar. Jaringan memiliki peluang lebih besar untuk bertahan karena perfusi mikrosirkulasi yang lebih besar.

Berkumur dengan air asin hangat adalah pilihan terbaik untuk menenangkan lidah terbakar, karena garam akan membantu mencegah infeksi. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan untuk berkumur selama 30 detik lalu buang. Ulangi beberapa kali sampai luka bakar sembuh.

4. Es batu atau es krim

5 Cara Atasi Lidah Terbakar akibat Makanan Panas dengan Bahan Alami

Menyentuh lidah dengan sesuatu yang dingin akan memberikan kenyamanan instan, mengurangi peradangan, rasa sakit dan mencegah kerusakan jaringan, menurut laman Livestrong. Selain itu, ini akan menjaga mulut tetap terhidrasi dan lembab, yang membantu mencegah bakteri penyebab infeksi.

Kamu bisa mengisap es batu, es krim, atau bahkan minum sesuatu yang dingin. Tapi, cobalah untuk menahan benda-benda dingin ini di mulut selama mungkin untuk mempercepat penyembuhan. Jika perlu, kamu bisa mengulanginya hingga beberapa kali sampai rasa rasa sakitnya hilang.

BACA JUGA : 5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehat

5. Mint

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint juga akan meninggalkan kesan dingin di mulut. Menurut lamanĀ IFLScience, ini karena kandungan mentol di dalam mint, yang mengaktifkan saraf penginderaan dingin, membuat area tersebut mati rasa, dan mengurangi peradangan. Karena efek ini, mentol bisa sangat membantu mengatasi lidah terbakar. Poker Online

Untuk mendapatkan manfaat mentol pada lidah yang terbakar, kamu bisa minum minuman atau mengunyah permen karet yang mengandung mint. Atau bisa juga meminum sedikit obat batuk yang mengandung mentol.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mulut dan lidah terbakar akibat makanan dan minuman panas. Untuk mencegah lidah terbakar, pastikan lain kali kamu tidak langsung makan makanan yang panas, tapi tiup dulu sampai suhunya turun dan menjadi lebih hangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *