BERITA UNIK

5 Efek Negatif Kalau Kamu Terlalu Sering Memendam Masalah Sendirian

5 Efek Negatif Kalau Kamu Terlalu Sering Memendam Masalah Sendirian Kadang, saking banyaknya masalah yang terjadi bikin capek sendiri. Terbersit untuk cerita ke orang lain, tapi takut merasa gak nyaman atau gak cocok. Mengingat hal tadi, kamu memilih untuk memendam masalah sendirian saja. 

Namun sebagai makhluk sosial, memendam masalah seorang diri nyatanya membawa efek negatif yang berbahaya. Bebanmu terasa kian berat saja karena gak bisa mengutarakannya dengan siapa-siapa.

Becerita dengan orang lain memang gak mudah karena harus menemukan orang yang benar-benar bisa dipercaya. Tapi ketika kamu bisa membaginya, setidaknya bebanmu bisa berkurang sedikit. Karena efek negatif inilah yang akan kamu rasakan kalau memendam masalah seorang diri saja.  POKER ONLINE

1. Bikin kamu sering overthinking

Overthinking itu melelahkan karena energimu dipaksa berpikir lebih dari seharusnya. Hal itu yang akan kamu dapatkan jika memendam masalah sendirian. Pikiran-pikiran yang gak seharusnya dipikirkan malah bertumpuk bersamaan.  

Sesuatu yang harusnya mudah malah jadi rumit karena overthinking. Demi kesehatan mental dan pikiranmu, cobalah untuk berbagi kepada orang lain yang benar-benar kamu percaya.  

2. Gak cuma itu, daya tahan tubuh bisa menurun akibat menahan masalah seorang diri saja

5 Efek Negatif

Memendam masalah sendirian bisa bikin daya tahan tubuh turun drastis. Efeknya bikin kamu gak bisa tidur, sering merasakan kecemasan berlebih sampai asam lambung naik. 

5 Efek Negatif Kalau Kamu Terlalu Sering Memendam Masalah Sendirian

Iya, semua dimulai karena pikiranmu yang terlalu lelah. Beratnya permasalahan berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Kamu mudah lelah, merasa sensitif dan sering menangis diam-diam. Perasaan kalut yang kamu rasakan menambah beban pikiran sehingga badan menjadi lebih rentan akan penyakit. 

3. Memicu stres yang berlebihan karena gak menemukan tempat berbagi

5 Efek Negatif

Gak cuma gampang sakit, kamu juga mudah stres. Kamu lebih banyak mengurung diri dan enggan berbicara kepada orang lain. Pikirmu, mereka gak akan mengerti. Padahal semakin ditahan, maka semakin sesak rasanya. 

Gak baik memendam semuanya sendirian. Jangan ragu berbagi bebanmu kepada orang lain supaya mereka bisa membantu menemukan solusi atau setidaknya membuka pikiranmu untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

4. Kamu gak memiliki semangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari

5 Efek Negatif

Yang paling mengerikan adalah saat kamu bangun di pagi hari tapi gak merasakan semangat sama sekali untuk menjalani aktivitas. Karena setiap kali membuka mata, kepalamu langsung teringat pada setiap masalah yang ada. 

Kamu merasa pesimis dan menganggap setiap hari sama dan gak ada bedanya. Toh masalah yang kamu hadapi tetap begitu saja dan masih gak menemukan jalan keluar. Hanya perasaan sedih dan kesepian yang kamu rasakan. 

5. Dan yang paling sedih ketika merasakan kesepian yang mendalam

5 Efek Negatif

Merasakan kesepian karena gak ada yang bisa diajak bicara. Seolah kamu cuma sebatang kara aja di dunia ini. Perasaan seperti tadi gak kamu hindari akibat memendam semua masalah sendirian. 

Kamu butuh teman untuk ‘menertawakan’ masalahmu bersama-sama. Jangan pendam semuanya sendiri saja, kamu berhak untuk bahagia juga. Jangan lagi sakiti diri sendiri karena kamu harus peduli dengan kesehatan jiwa dan pikiranmu sendiri. 

Keluarlah dari rasa takutmu dan temukan harapan untuk bangkit. Meski gak mudah, carilah teman untuk berbagi dan jangan menahannya sendirian, ya.  

BACA JUGA YUK : 5 Dampaknya Kalau Kekesalan Hatimu Dipendam Terus dan Jadi Menumpuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *