BERITA UNIK

5 Fakta Menakjubkan Australia, Benua Terkecil di Dunia

PelangiQQLounge – 5 Fakta Menakjubkan Australia, Benua Terkecil di Dunia. Australia adalah benua yang terletak di bagian paling selatan bumi, sebelum Antartika. Lokasinya sudah mendekati kutub selatan, maka tidak heran jika benua ini dijuluki the land of the down under alias tempat yang terletak jauh di bawah, merujuk pada posisinya yang berada di bagian bawah peta dunia.

Sebagai benua sekaligus negara, Australia tentu memiliki sejumlah fakta unik. Namun yang akan kita bahas di sini hanya fakta Australia dari sisi geografi dan biologinya. Mau tahu apa saja fakta unik sekaligus menakjubkan tersebut?

Berikut 5 Fakta Menakjubkan Australia, Benua Terkecil di Dunia

1. Australia bisa disebut pulau terbesar di dunia

Australia bisa disebut pulau terbesar di dunia

PelangiQQ  Secara teknis, daratan Australia sebenarnya bisa disebut sebagai pulau terbesar di dunia. Luas Australia sekitar 7,6 juta km persegi. Namun karena Australia dianggap sebagai benua, maka gelar pulau terbesar di dunia pun jatuh ke Pulau Greenland yang merupakan wilayah kekuasaan Denmark. Luas Greenland adalah sekitar 2,1 juta km persegi.

Sebagai benua, Australia jadi yang terkecil di dunia. Masih kalah dari benua terkecil kedua di dunia yaitu Antartika. Luas Antartika sekitar 14 juta km persegi alias hampir dua kali lipat luas Australia.

2. Australia punya empat musim, tapi urutannya berkebalikan dengan belahan bumi utara

Australia punya empat musim, tapi urutannya berkebalikan dengan belahan bumi utara

Seperti Eropa dan Amerika Utara, Australia adalah benua dengan empat musim: musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Tapi seperti dilansir dari laman Trip Savvy, karena Australia berada di selatan alias berlawanan dengan Eropa dan Amerika Utara, tentu keempat musim tersebut pun terjadi dalam urutan yang berkebalikan pula.

Maka ketika orang-orang Eropa merayakan natal dengan ditemani salju, penduduk Australia justru sedang menikmati musim panas. Mereka gak membuat boneka salju, tapi boneka dari pasir.

Baca Juga : 5 Fakta Pantai Gading

3. Australia adalah benua dengan gurun terbanyak

5 Fakta Menakjubkan Australia

Bukan Afrika, tapi justru Australia-lah benua yang memiliki gurun terbanyak. Laman Australian Geographic menyebut bahwa ada 10 gurun di Australia, yang secara total menutupi hampir seperlima dari benua tersebut.

Australia juga pantas disebut sebagai benua terkering di dunia yang berpenghuni. Itu karena sekitar 70 persen wilayah Australia menerima curah hujan kurang dari 500 mm per tahun. Hanya Antartika benua yang lebih kering dari itu.

4. Dihuni banyak hewan mematikan

5 Fakta Menakjubkan Australia

Kalau suatu saat kamu jalan-jalan ke Australia, kamu harus ekstra hati-hati dengan berbagai jenis hewan yang mungkin kamu temui. Australia adalah rumah dari banyak hewan mematikan. Mulai dari buaya, hiu, ular, laba-laba, gurita, hingga siput laut. Poker Online

Bahkan sejumlah hewan yang punya reputasi paling mematikan dari jenisnya ada di sini. Laman 7 Continent menyebutkan beberapa di antaranya. Ada ular taipan pedalaman (Oxyuranus microlepidotus) yang dinobatkan sebagai ular paling mematikan di dunia. Racun yang dikeluarkan dari sekali gigitan ular ini bisa membunuh 80 orang dewasa!

Ada pula laba-laba funnelweb Sydney (Atrax robustus), yang merupakan laba-laba paling mematikan di dunia. Tapi hewan paling beracun di Australia justru berasal dari laut, yaitu ubur-ubur kotak. Ubur-ubur ini bukan saja hewan paling mematikan di Australia, tapi juga salah satu yang paling mematikan di dunia!

5. Terdapat The Great Barrier Reef yang ternama

5 Fakta Menakjubkan Australia

The Great Barrier Reef adalah kumpulan koral dan terumbu karang yang terdapat di lepas pantai Queensland di timur Australia. Karang ini membentang sepanjang 2.600 km dan mencakup luas total sekitar 348 ribu km persegi. Agen Capsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *