TIPS & TRICK

5 Hal Yang Berbahaya Ketika Diet

5 Hal Yang Berbahaya Ketika Diet – Juwita Bahar mengaku mengalami koma karena diet ketat tanpa nasi atau sumber karbohidrat. Diet seperti yang dialami anak penyanyi dangdut Annisa Bahar ini dapat membahayakan kesehatan.

Karbohidrat merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi dan tenaga agar tubuh beserta organ di dalamnya dapat bekerja maksimal.

Terdapat sejumlah bahaya yang dapat muncul jika tubuh tidak cukup atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat, baik dari nasi maupun sumber karbohidrat lain.

“Diet tanpa nasi harusnya aman bila peran nasi bisa di gantikan oleh sumber karbohidrat lain,”

Berikut bahaya diet tanpa nasi atau karbohidrat.

  1. Kelelahan

Pada tahap awal tubuh bakal mengalami kelelahan karena tak ada sumber tenaga yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya tubuh lemas dan tak sanggup melakukan aktivitas.

  1. Ketosis

ketosis terjadi saat tubuh kehabisan karbohidrat dan memecah lemak sebagai energi. Gejala ketosis meliputi sakit kepala, mual, sulit berkonsentrasi, dan mengalami bau mulut.

Resep Nasi Daun Jeruk yang Sedang Hits, Praktis Pakai Rice Cooker Halaman  all - Kompas.com
Berbahaya Ketika Diet Tanpa Nasi
  1. Kehilangan berat badan

Saat tubuh tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan kehilangan berat badan. Namun, kehilangan berat badan ini bukanlah hal yang baik karena tubuh terus-terus merasa lelah.

Organ di dalam tubuh juga tak bisa bekerja maksimal karena kurang pasokan energi. Dalam jangka waktu yang lama berisiko menyebabkan kerusakan organ.

Baca Juga : Penyebab Gairah Seks Menurun Untuk Pria dan Wanita

  1. Kadar gula darah yang rendah

Karbohidrat di olah menjadi gula oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Profesor ahli gizi FKUI Saptawati Bardosono menjelaskan karbohidrat yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kadar gula darah menurun.

  1. Koma

Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan seseorang menjadi koma.

“Biasanya koma karena diet yang ketat di kaitkan dengan kadar gula darah yang turun drastis sehingga sangat rendah dan mengakibatkan koma tersebut,”.

Oleh karena itu hindari diet tanpa nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Sebaiknya jalani diet dengan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Tambahkan pula dengan olahraga agar diet semakin maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *