ADUQ CAPSA SUSUN

5 Jenis dan Manfaat Tanah

PELANGIQQ : 5 Jenis dan Manfaat Tanah – Sama halnya dengan air, tanah juga merupakan elemen yang tak kalah penting dalam kehidupan manusia. Sebagai tempat untuk menanam, membangun adalah contoh manfaat tanah yang paling banyak ketahui

Jadi karena banyak gunanya, tanah juga harus pelihara dan lindungi. 

Pernah mendengar konservasi tanah? 

Ya, selain hewan atau air, tanah juga perlu pelihara dan lindungi untuk mencegahnya dari kerusakan.

Dengan konservasi, kita bisa bisa merasakan manfaat tanah sebagaimana mestinya dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa metode konservasi yang biasa lakukan, yakni:

Metode vegetatif

Metode ini menggunakan tanaman sebagai sarana konservasi yang tujukan untuk mencegah atau mengendalikan erosi sekaligus untuk memperbaiki struktur tanah.

Selain itu tanaman juga bisa menambah unsur organik untuk tanah dan mencegah proses terkikisnya unsur hara.

Metode ini bisa lakukan dengan cara reforestation (penghutanan kembali) dan agroforestry salah satunya dengan pola tanam bergilir.

Metode mekanis

Kalau yang satu ini caranya dengan mengubah bentuk fisik tanah mana salah satu contoh yang paling populer adalah terasering.

Tujuannya untuk memperkecil aliran air permukaan tanah sehingga erosi (tanah yang terbawa air) juga sedikit. 

Untuk mencoba metode ini, Anda bisa mulai dengan membuat teras mana bagian tanah yang buat agak tinggi dengan memotong lereng.

Lalu pembuatan saluran pembuangan air yang bertujuan untuk menampung air yang mengalir permukaan tanah. Kalau bisa saluran ini tanami rumput sehingga tak mudah terkikis.

Terakhir adalah membuat bangunan pengendali yang dapat menahan atau mengendalikan laju erosi. Bangunan pengendali contohnya bisa dapat berupa sumur resapan dan dam.

Metode kimiawi

Tentunya sudah bisa tebak ya, bahwa metode satu ini menggunakan bahan kimia yang bisa memadatkan struktur tanah untuk memperkecil kemungkinan erosi. 

Selain itu, cara kimiawi ini juga bisa menyeimbangkan kandungan organik dalam tanah, karena jika kandungan ini kurang dari 2%, maka tanah berpotensi erosi. 

Salah satu yang sering gunakan dalam metode ini adalah zat kapur yang bersifat asam.

Manfaat tanah bagi manusia yang paling banyak dirasakan adalah sebagai media tanam di bidang pertanian dan perkebunan. 

Tanah yang potensial bahkan bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas baik serta produksi yang berlimpah. Tapi tentunya ini juga diiringi dengan perawatan tanaman dengan baik. 

Faktor yang menentukan potensi tanah untuk pertanian antara lain jenis batuan, perairan hingga kemiringan lereng dan tentu saja jenis tanah itu sendiri.

Ya, manfaat tanah bisa dirasakan secara maksimal untuk pertanian selama Anda memilih jenis tanah yang cocok untuk tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *