BERITA UNIK

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Kesepian, Yuk Berubah!

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Kesepian, Yuk Berubah! Seumur hidup, kita semua pasti pernah merasa kesepian, setidaknya sekali. Biasanya, kesepian identik dengan sendirian. Ya memang sih, sendirian terlalu lama bisa bikin kamu kesepian.  POKER ONLINE

Tapi selain sendirian, kesepian sebenarnya juga bisa muncul karena beberapa alasan. Selain karena emang enggak punya teman, kesepian yang kita rasakan juga bisa terjadi karena ulah diri sendiri lho! Dilansir dari brightside.me, berikut lima kebiasaan toxic yang bikin kamu kesepian!

1. Kamu enggak pernah menolak permintaan orang lain 

Siapa sih yang bakal tega ngeliat orang lain kesusahan? Apalagi kalau yang lagi kesusahan itu teman sendiri. Hey, menolong orang lain memang pekerjaan mulia. Tapi kamu juga harus inget kalau setiap manusia punya batasan. Jangan pernah memaksa diri untuk menyanggupi sesuatu yang sebenarnya terlalu berat buatmu, apalagi kalau pekerjaan itu dilakukan tanpa bantuan dari siapa pun.

Selain bikin kamu lelah secara fisik, kebiasaan jadi people pleasure seperti ini juga bakal bikin kamu merasa sendirian.

2. Kamu menutup diri dari orang lain 

Seseorang mungkin memperlakukan kamu begitu buruk bertahun-tahun yang lalu. Saking buruknya, kejadian itu sampai bikin kamu trauma dan menutup diri dari lingkungan sekitar. Apa yang kamu rasakan memang bisa dipahami. Tapi kamu harus tahu kalau setiap manusia itu berbeda. Enggak adil rasanya memusuhi semua orang hanya karena kesalahan seseorang di masa lalu.

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Kesepian, Yuk Berubah!

Selain bikin trauma kamu enggak sembuh-sembuh, menutup diri dari orang lain juga bakal bikin kamu kesepian. Bayangin aja, dunia kamu enggak berubah, begitu juga dengan lingkar pertemananmu. Di saat semua orang sudah pergi kemana-mana, kamu masih aja sendirian di tempat yang sama.

3. Kamu terbiasa menjadi orang lain 

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa

Enggak ada yang lebih menyesakkan dari enggak bisa jadi diri sendiri. Saat kita kenalan sama orang baru, kita pasti bersikap sedikit jaim. Wajar sih, masa baru kenalan udah nunjukkin bobrok sendiri? Bisa-bisa, orang trauma buat ketemu lagi! Tapi jaim juga harus ada batasnya.

Sekali dua kali bersikap jaim sih enggak masalah, tapi ya jangan keterusan, apalagi sampai pura-pura jadi orang lain cuma supaya diterima di lingkungan baru. Serius deh, jadi orang lain itu bukan cuma capek, tapi juga bikin kamu ngerasa kesepian. Kamu akan merasa teman-teman enggak mengerti dirimu. Ya gimana mereka bisa mengerti, mereka kan selama ini mengenal kamu sebagai orang lain dan bukan sebagai dirimu sendiri.

4. Kamu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain 

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa

Membandingkan diri dengan orang lain menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki banyak orang, terutama di kalangan kaum milenial. Kalau kamu juga salah satu orang yang punya kebiasaan toxic satu ini, kamu harus ingat bahwa setiap orang itu berbeda, dan punya jalan hidup yang berbeda juga.

Enggak adil rasanya kalau kamu harus membandingkan pencapaian kamu dengan orang lain, lalu memaksa diri sendiri supaya bisa sama dengan dia. Selain bikin kamu capek secara fisik, kebiasaan buruk ini juga bikin mental drop. Kamu ngerasanya semua orang jauh lebih baik, semua orang jauh lebih hebat, sedangkan kamu merasa masih begini-begini aja.

5. Terlalu asyik main media sosial

5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa

Main media sosial di masa pandemi seperti sekarang memang asik, apalagi kalau kamu udah punya banyak followers di Instagram atau Twitter. Saking asiknya, enggak jarang orang sampai lupa segalanya, termasuk teman hingga keluarga yang ada di dunia nyata.

Padahal ya, seasik-asiknya followers kamu di medsos, mereka enggak akan bisa menyamai teman-temanmu yang sebenarnya. Di saat kamu sedih, orang-orang di dunia nyata-lah yang berusaha mati-matian buat bikin kamu ceria lagi. Begitu juga saat kamu jatuh, mereka jugalah yang berusaha keras narik kamu untuk bangkit. Lagian enggak lucu kan kalau kamu harus kehilangan sahabat-sahabatmu hanya karena media sosial?

Pada kenyataannya, kesepian enggak selalu karena kamu sendirian. Kadang rasa sepi juga bisa datang karena kamu undang. Jadi buat kamu yang sering kesepian, coba deh introspeksi dirimu sendiri, apakah kamu memiliki salah satu dari kebiasaan toxic di atas?

BACA JUGA YUK : Manfaat dan Khasiat Kulit Ayam untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *