INFO PEMENANG TIPS & TRICK Uncategorized

5 Manfaat Air Sungai Bagi Manusia

PelangiQQ : 5 Manfaat Air Sungai Bagi Manusia Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu hingga ke hilir atau muara. Di beberapa daerah-daerah di Indonesia, terdapat banyak sungai yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dan makhluk lainnya. Nah, manfaat sungai itu apa saja, ya, kira-kira?

Kebutuhan Sehari-hari

Sungai dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti untuk minum, mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya. Namun, saat ini sulit sekali mendapatkan air bersih yang layak dikonsumsi. Beberapa sungai sudah terkontaminasi polutan, yang membutuhkan pengolahan lagi agar bisa digunakan.

Sumber Irigasi

Sungai juga dimanfaatkan oleh petani untuk mengairi sawah-sawah di daerah pegunungan. Biasanya lahan pertanian tersebut dibuat miring (terasering), sehingga air sungai dapat mengaliri tanaman. Petani pun tidak perlu susah mengangkut air untuk kebutuhan tanamannya.

Sungai banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupHanna Vivaldi
Sungai banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup
Air sungai dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian. | Creative Commons

Pembangkit Listrik

Dulunya, pembangkit listrik dapat berjalan hanya dengan menggunakan bahan bakar. Namun untuk mendapatkan bahan bakar tersebut, kita membutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Oleh sebab itu dicari penggantinya, salah satunya adalah air sungai. Aliran air sungai dapat memutar turbin pembangkit listrik yang sudah banyak digunakan. Pembangkit listrik tenaga air ini sudah digunakan di Sungai Asahan, Sumatera Utara.

Sebagai Sarana Perjalanan Transportasi

Beberapa daerah di Indonesia seperti di Pulau Sumatera dan Kalimantan, terpisahkan oleh perairan. Mereka memanfaatkan sungai tersebut sebagai sarana transportasi. Dengan menggunakan perahu atau kapal, mereka dapat berpindah tempat dari satu daerah ke daerah lainnya. Kebutuhan pokok dari kota ke daerah terpencil juga bisa sampai berkat aliran air sungai.

Sungai banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupHanna Vivaldi
Sungai banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup
Air sungai sebagai sarana transportasi. | pixabay

Lokasi Pariwisata

Sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Seperti di Maros, Kalimantan Selatan, terdapat Sungai Bantimurung. Sungai tersebut memiliki pemandangan yang indah dengan air terjun dan alam yang menyejukkan mata. Selain itu ada banyak sungai lain di Indonesia yang dijadikan objek wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *