5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental
Uncategorized

5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

PelangiQQLounge – 5 Manfaat Mendengarkan Banyak orang mulai kecanduan terhadap musik. Hingga merasa kurang lengkap jika belum mendengarkan musik favorit mereka. Bisa dibilang beberapa orang akan menjawab tidak bisa hidup tanpa musik. Karena musik memang memiliki kekuatan untuk membuat orang merasa senang.

Saat sedih, orang cenderung akan mendengarkan musik baik yang sesuai dengan keadaan mereka atau sebaliknya, musik yang dapat menghibur mereka. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian orang memang membutuhkan musik.

Berikut 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

1. Musik membantumu berpikir lebih jelas

5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

Universitas Irvine pernah melakukan penelitian mengenai musik. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa siswa yang mendengarkan Mozart sebelum ujian mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Hal ini lebih dikenal dengan Mozart Effect.

Hal ini bisa terjadi karena mendengarkan musik membantu otak bekerja lebih cepat. Sehingga dengan mendengarkan musik, manusia dapat berpikir lebih jelas dari biasanya. Agen Capsa

2. Musik merupakan sumber relaksasi

5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik memang dapat mengurangi stres. Karena musik sendiri merupakan sumber relaksasi. Sehingga dapat membantumu mengistirahatkan diri setelah penat beraktivitas. Cobalah untuk mendengarkan musik klasik ataupun instrumental sebelum tidur agar membantumu semakin relaks.

3. Membantu menyembuhkan patah hati

5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

Saat sedang patah hati, teman terbaik yang akan menemanimu pastinya playlist musik yang berisi lagu-lagu patah hati. Mungkin awalnya kamu merasa sedih dan kecewa. Tapi seiring kamu mendengarkan musik, kamu akan lebih ikhlas bahkan merasa bodo amat. Karena patah hati memang bukan akhir dari dunia.

Pastikan saat patah hati, kamu menyeimbangkan lagu galau dengan lagu-lagu penyemangat yang bikin kamu segera move on.

4. Salah satu moodbooster paling ampuh

Saat mendengarkan musik-musik penyemangat di saat lagi sedih dapat membuatmu merasa baikan. Apalagi musik yang penuh lirik inspiratif yang dapat meningkatkan mood-mu. Atau carilah musik favoritmu yang setiap kamu mendengarkannya, kamu tidak dapat menahan diri untuk tidak menyanyikan liriknya.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Akhir Tahun yang Seru dan Menarik di Jepang

Karena musik selalu memiliki caranya tersendiri untuk membuat kita merasa bahagia dan melupakan masalah yang ada. Itulah kekuatan dari musik.


5. Membantu menenangkan diri ketika sedang panik

Apakah kamu pernah mengalami panic attack, yaitu merasa cemas atau takut berlebihan secara tiba-tiba. Biasanya panic attack identik dengan anxiety disorder. Jika pernah, cobalah untuk menggunakan musik sebagai media menenangkan diri ketika terjadi serangan panik.

Dengarkan musik favoritmu agar tubuhmu sedikit relaks. Tarik nafas pelan-pelan dan cobalah untuk berpikir positif. Cara ini cukup ampuh untuk menanggulangi panic attack. Poker Online

Itulah lima manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan mental. Ternyata musik memang sangat berpengaruh bagi kesehatan mental manusia. Kira-kira selama ini kamu sudah menyadari manfaatnya atau belum nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *