5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!
BERITA UNIK

5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

PelangiQQLounge – 5 Museum yang Wajib Disinggahi Museum merupakan tempat wisata sekaligus tempat menuntut ilmu. Bagaimana tidak? Kita diajak kembali menelusuri sejarah dengan benda-benda yang ditemukan dan cerita turun temurun yang didukung dengan bukti-bukti benda maupun tak benda.

Selain kaya dengan kulinernya seperti pempek dan terkenal dengan ikon utamanya, Jembatan Ampera, kota Palembang juga menyimpan berbagai koleksi lintas peradaban di museum-museum yang ada di Tanah Sriwijaya ini.

Berikut 5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

1. Museum Negeri Sumatera Selatan (Museum Balaputra Deva) 

5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

Museum yang lebih dikenal dengan nama Museum Balaputra Dewa ini berlokasi di Jalan Srijaya I, Palembang. Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi dalam bangunan yang berdiri di atas tanah seluas lebih dari 2,3 hektar.

Museum yang diresmikan pada 5 November 1984 ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu taman megalith yang menampilkan arca perwujudan nenek moyang,

gedung pameran I yang menampilkan kehidupan pra sejarah dari masa berburu hingga masa perundagian, gedung pameran II yang menampilkan koleksi Kerajaan Sriwjaya, Kesultanan Palembang, masa penjajahan Kolonial Belanda, masa penjajahan Jepang, hingga revolusi kemerdekaan Indonesia.

2. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II 

5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

Museum yang berlokasi di tengah kota ini memang menjadikannya museum yang mudah untuk diakses. Terletak di pinggir Sungai Musi dan dekat dengan Jembatan Ampera serta pasar 16 ilir yang senantiasa ramai, membuat museum ini selalu berada dalam daftar tur wisawatan ke Palembang.

3. Monumen Perjuangan Rakyat 

5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

Sama seperti Jakarta yang memiliki monumen di pusat kotanya, Palembang juga memiliki Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat). Lokasi Monpera dekat dengan Jembatan Ampera, jembatan yang menjadi ikon Kota Palembang yang membagi Palembang menjadi dua bagian, ulu dan ilir. Monpera dan Ampera menjadi simbol perjuangan rakyat Palembang mengusir penjajah. Agen Capsa

Monumen yang diresmikan pada tahun 1988 ini berbentuk seperti bunga melati dengan 5 mahkota yang berarti kesucian hati para pejuang. Bukan hanya sekadar monumen, di dalamnya monumen ini tersimpan koleksi layaknya museum.

5 Museum yang Wajib Disinggahi di Palembang, Traveling Edukatif!

Monpera yang syarat akan makna perjuangan kemerdekaan ini pun dilambangkan dengan bangunannya yang terdiri dari 8 lantai dengan ketinggian 17 meter dan 45 bidang atau jalur yang melambangkan hari lahir bangsa Indonesia.

4. Museum Sriwijaya 

Museum Sriwijaya terletak di dalam kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang dulu dikenal dengan nama Situs Karanganyar. Kawasan ini tercatat di Jalan Syakhyakirti, Gandus, Palembang.

Berlokasi di dekat pertemuan Sungai Musi dengan Sungai Ogan dan Sungai Keramasan, di daerah ini ditemukan banyak sekali peninggalan purbakala yang menandakan adanya aktivitas masyarakat zaman dahulu terutama saat Kerajaan Sriwijaya berkuasa.

Museum ini pun menampilkan artefak berupa prasasti, arca, manik-manik, keramik, tembikar, peralatan makan dan peralatan dapur, hingga sisa perahu yang ditemukan di daerah sekitar kemudian di rekonstruksi. Di Taman Purbakala Sriwijaya ini juga menampilkan Prasasti Kedukan Bukit, Prasastu Telaga Batu, dan Prasasti Talang Tuo yang menunjukkan eksistensi Kerajaan Sriwijaya.

5. Museum AK Gani 

Museum AK Gani merupakan pengalihfungsian rumah pribadi pahlawan nasional bernama lengkap Adenan Kapau Gani. Meski namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit TNI AD di Palembang, AK Gani bukanlah putra daerah Sumatera Selatan. Poker Online

Sosok yang begitu gaung namanya di kota pempek ini merupakan pria kelahiran Pelambayan, Sumatera Barat. Sang dokter ini mulai meniti karirnya di tanah Sriwijaya pasca menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta.

BACA JUGA : Manfaat Sulfur bagi Kesehatan Tubuh, Tak Hanya untuk Kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *