5 Nama Sindrom yang di Ambil dari Negeri Dongeng
BERITA UNIK

5 Nama Sindrom yang di Ambil dari Negeri Dongeng

Nah ternyata ada 5 nama sindrom yang di ambil dari negeri dongeng, ada Rapunzel dan Peter Pan loh! Yuk mari langsung saja kita simak bersama sama!

PELANGIQQ – Setiap hari tenaga medis di hadapkan dengan berbagai macam keluhan pasien, mulai dari yang umum hingga kasus langka yang belum di ketahui penyebabnya.

Dari sekian banyak kondisi medis, tidak sedikit dari kondisi tersebut yang memiliki nama unik. Bahkan, beberapa kondisi medis tersebut di kaitkan dengan tokoh dari negeri dongeng. AGEN CAPSA

Berikut 5 nama sindrom yang di ambil dari tokoh negeri dongeng.

1. Sindrom Rapunzel

Dalam cerita, Rapunzel memiliki rambut panjang berwarna keemasan yang di gunakan sebagai tangga bagi pangeran untuk memasuki menara tempat tinggal gadis tersebut.

Berdasarkan laporan “The Rapunzel Syndrome: An Unusual Trichobezoar Presentation” dalam jurnal Case Reports in Medicine tahun 2010, berbanding terbalik dengan cerita di dunia nyata, seseorang dengan sindrom Rapunzel biasanya memiliki masalah kejiwaan yang mendasari.

Mereka biasanya sering mencabut dan mengonsumsi rambutnya sendiri. Dalam jumlah yang banyak, rambut tersebut akan menumpuk di dalam tubuh, sehingga jika di lihat tampak seperti rambut yang memanjang dari lambung hingga usus.

2. Sindrom Putri Tidur

Kondisi medis yang satu ini benar-benar mirip dengan cerita dongeng Princess Aurora. Menurut keterangan di laman National Institutes of Health, memiliki nama lain Klein-Levin syndrome, sindrom Putri Tidur sering terjadi pada laki-laki, meski tak menutup kemungkinan perempuan bisa mengalaminya.

Seseorang dengan kondisi medis ini dapat tidur hingga 20 jam sehari tanpa terbangun. Suatu episode bisa terjadi tiba-tiba atau di dahului infeksi saluran pernapasan atas. Selama gejala muncul, individu dapat memperlihatkan nafsu makan yang meningkat, mudah tersinggung, tampak kekanak-kanakan, serta halusinasi. Penyebab kondisi ini masih belum di ketahui.

3. Sindrom Peter Pan

5 Nama Sindrom yang di Ambil dari Negeri Dongeng

Menurut laporan berjudul “Medical conditions revealed in fairy tales, folklore and literature” dalam Journal of Paediatrics and Child Health tahun 2019, sindrom Peter Pan merujuk pada perkembangan emosional seorang anak yang terhambat akibat kedekatan yang buruk dengan sosok ibu pada usia dini.

Berbanding lurus dengan cerita Peter Pan yang tidak pernah dewasa dan tidak memiliki figur seorang ibu, seseorang dengan kondisi ini memiliki tubuh dewasa dengan pikiran seperti anak-anak.

Menariknya, ada pula sindrom Wendy, yang mana kondisi ini mendeskripsikan perempuan yang menyebabkan terjadinya sindrom Peter Pan, yaitu dengan melakukan segala sesuatu hal untuk seorang laki-laki, sehingga berakibat buruk bagi keduanya.

Baca Juga : 5 Risiko di Rumah Terus Tanpa Aktivitas Fisik

4. Sindrom Alice in Wonderland

5 Nama Sindrom yang di Ambil dari Negeri Dongeng

Mengacu pada laporan berjudul “Alice in Wonderland syndrome: A rare neurological manifestation with microscopy in a 6-year-old child” dalam Journal of Pediatric Neurosciences tahun 2014, seseorang dengan sindrom Alice in Wonderland memiliki gangguan dalam melihat ukuran suatu objek.

Mereka merasa ukuran suatu benda atau bagian tubuh mereka tidak sesuai dengan ukuran yang sewajarnya. Selain itu, mereka kehilangan persepsi terhadap waktu. Kadang, mereka bisa merasa waktu berjalan dengan sangat cepat atau lambat.

Penyebab sindrom ini masih belum di ketahui. Namun, para ahli mencurigai migrain, tumor, virus, serta obat-obatan bisa mencetuskan kondisi ini. Terapi yang efektif sampai sekarang pun belum di temukan.

5. Kutukan Ondine

5 Nama Sindrom yang di Ambil dari Negeri Dongeng

Berasal dari dongeng Jerman, kutukan Ondine bermula dari seorang peri bernama Ondine yang di khianati oleh suaminya, seorang manusia biasa. Ondine mengutuk suaminya, yang mana suaminya tidak akan bisa bernapas jika tertidur.

Melansir Verywell Health, kutukan tersebut menginspirasi suatu kondisi medis bernama congenital central hypoventilation syndrome (CCHS), yaitu henti napas saat tidur yang muncul sejak lahir. Kondisi ini tergolong langka dan biasanya memiliki gejala penyerta lain.

Itulah lima kondisi medis yang namanya terinspirasi dari negeri dongeng. Semoga dengan semakin berkembangnya teknologi kedokteran, para ilmuwan menemukan tata laksana yang tepat dan efektif pada orang-orang dengan kondisi medis di atas. Poker Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *