5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur
BERITA UNIK

5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur

Nah ternyata inilah 5 penyakit berbahaya akibat kurang tidur, ayo displin ke diri sendiri ya. Biar tidak penasaran, mari langsung saja kita simak bersama!

PELANGIQQ – Nah, siapa yang kira-kira sering begadang? Hati-hati lho. Bang Rhoma saja sudah Irama melarangmu untuk tidak sering begadang, bukan karena tiada arti.

Menurut beberapa riset, kurang tidur dapat menimbulkan beberapa penyakit. Itu bukan penyakit yang sepele lho, melainkan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian. AGEN CAPSA

Apa saja 5 penyakit berbahaya yang bisa di timbulkan akibat kurang tidur?

1. Dapat menyebabkan serangan jantung

5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur

Menurut penelitian, mereka yang tidur teratur dan memiliki kualitas tidur yang baik memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Setidaknya mereka yang tidurnya kurang dari enam jam memiliki 27 persen risiko terkena atherosclerosis atau pengerasan pada pembuluh darah. Hal itu menyebabkan terjadinya gagal jantung, stroke, dan aneurisma.

2. Setara dengan merokok atau terkena diabetes

5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur

Sebuah studi terhadap 798 orang di Swedia sejak 1993 menunjukkan mereka yang kurang tidur mendapatkan risiko 200 persen terkena penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Hasil itu di dapatkan dengan mewawancarai mereka yang masih hidup setelah 20 tahun tidur dengan kondisi kurang dari lima jam. Risiko tersebut setara dengan efek dari mereka yang merokok atau terkena diabetes.

3. Meningkatkan terkenanya obesitas

5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur

Percaya atau tidak percaya, kurang tidur ternyata mampu menaikkan berat badan hingga ke tahap obesitas. Hal itu di karenakan adanya penumpukan asam lemak yang tertumpuk akibat tidak tidur, menyebabkan asam amino yang seharusnya terubah menjadi otot ketika beristirahat kurang terproses dan menjadi lemak yang menumpuk di tubuh.

Selain itu mereka yang juga kurang tidur akan mudah merasa lapar karena energi yang tidak terisi kembali berkat akitivitas tidur. Hal tersebut akan membuat karbohidrat yang di konsumsi menjadi lebih banyak.

Baca juga : 7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

4. Peradangan yang lebih parah

Bagi mereka yang menderita asma, radang sendi, atau penyakit yang berhubungan dengan jantung, kurang tidur akan menyebabkan hal yang lebih parah. Tidur membuat sel di tubuh kita mampu memperbaiki diri sehingga terus mengaktifkan fungsi-fungsinya. Oleh karena itu, kurangnya tidur mengurangi kemampuan sel untuk melawan peradangan tersebut.

5. Risiko terkena kanker

Kamu tidak salah baca. Kanker dapat tercipta hanya karena kamu kurang tidur. Menurut penelitian terhadap sejumlah suster yang memiliki shift malam, mereka memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker payudara ketimbang mereka yang bekerja pada shift siang. Hal itu di karenakan cahaya di malam hari ternyata menekan produksi melatonin yang dapat melindungi diri dari kanker.

Ternyata cari penyakit itu gampang ya. Tinggal kurangi tidur, terus perbanyak aktivitas deh, pasti nanti berakhir di rumah sakit. Makanya, imbangi kegiatanmu dengan istirahatmu juga karena itu adalah cara paling menjaga tubuh tetap fit. POKER ONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *