5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!
Uncategorized

5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!

PelangiQQLounge – 5 Penyebab BAB Berdarah Mengalami pendarahan ketika Buang Air Besar (BAB) merupakan hal yang menakutkan. Bagaimana tidak? jika biasanya kita BAB dalam keadaan normal, tetapi sekarang kita menemukan darah pada feses atau kotoran yang dikeluarkan. Banyak sedikitnya darah yang dikeluarkan oleh anus tergantung dalam beberapa kondisi dan tingkat keparahan yang berbeda. 

Ada berbagai macam penyebab BAB berdarah, terutama yang paling sering adalah masalah pencernaan. Berikut ini dapat kita ulas penyebab BAB berdarah dan penjelasan di baliknya. 

Berikut 5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!

1. Wasir

5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!

Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah di daerah anus mengalami pembengkakan. Gejala wasir biasanya menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada anus serta terdapat benjolan di sekitarnya. Secara umum BAB berdarah disebabkan oleh wasir, tetapi pendarahan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan nyeri. 

2. Fisura ani

5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!

Fisura ani merupakan robekan yang terjadi pada lapisan dinding anus yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri ketika BAB. Jika robekan ini terjadi, maka dapat menyebabkan pendarahan ketika buang air besar.  Agen Capsa

3. Fistula ani

5 Penyebab BAB Berdarah pada Orang Dewasa, Ketahui Sejak Dini!

Fistula ani merupakan penyakit di mana terbentuknya saluran kecil di antara akhiran usus menuju anus dan kulit di sekitaran anus. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan pendarahan pada saat BAB. Pengobatan yang tidak segera dilakukan dapat 

4. Penyakit divertikula

Divertikula merupakan benjolan berbentuk kantung kecil yang muncul pada dinding usus besar. Benjolan ini umumnya tidak menimbulkan masalah apapun. Namun, dapat berbahaya jika sudah terinfeksi oleh bakteri dan menimbulkan pendarahan. Pendarahan tersebut kemudian dikeluarkan melalui anus dan menyebabkan pendarahan ketika BAB. 

BACA JUGA : 5 Bahan Pemanis Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

5. Kanker usus

Kanker pada usus awalnya berbentuk kutil jinak yang kemudian tumbuh dan berubah menjadi kanker dalam usus. Gejala yang sering muncul dari kanker ini adalah pendarahan saat BAB. Poker Online

Gejala ini muncul saat penderita memasuki stadium satu kanker usus. Oleh sebab itu, jika sudah diketahui sejak awal segera periksakan pada dokter untuk mendapat penanganan agar tidak membahayakan.

Itulah lima penyebab BAB berdarah pada orang dewasa. Jika BAB berdarah terjadi terus menerus tanpa adanya jeda, maka segera konsultasikan untuk mencegah bahaya yang akan terjadi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *