5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?
Uncategorized

5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

PelangiQQLounge – 5 Penyebab Gatal yang Setiap orang pasti pernah mengalami gatal-gatal. Rasa gatal muncul saat tubuh mengeluarkan histamine dan zat kimia lain di dalam darah. Gatal-gatal biasanya memunculkan tanda merah di bagian tubuh kita terutama saat digaruk. 

Ada 2 tipe gatal-gatal yaitu gatal ringan dan gatal berat (kronis). Gatal ringan dapat muncul dan hilang dalam waktu 24 jam sedangkan gatal berat (kronis) bisa bertahan berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Kamu harus mengetahui persis penyebab dari rasa gatal itu supaya dapat mengatasinya. Mari kita lihat apa saja yang dapat menyebabkan rasa gatal! 

Berikut 5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

1. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh 

5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

Gatal-gatal dapat terjadi karena alergi makanan. Menurut Debra Jaliman, MD, dokter kulit di New York dan penulis Skin Rules, jenis makanan yang dapat memicu alergi adalah kerang, kacang, gandum, telur, susu dan buah beri. Reaksi tubuh saat mengalami alergi ada yang muncul dengan cepat namun ada juga yang lambat. Jika kamu mengalami alergi makanan, gatal-gatal bisa menjadi tanda awal dari anafilaksis. Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi yang parah dan berpotensi menyebabkan kematian. 

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah berkonsultasi ke dokter. Selanjutnya dokter akan menganjurkan kamu untuk melakukan elimination diet. Elimination diet adalah diet yang dilakukan untuk mengidentifikasi intoleransi, sensitivitas dan alergi terhadap makanan. Setelah mengetahui pasti makanan yang membuatmu alergi, kamu dapat menghindari makanan tersebut. 

2. Melakukan kegiatan di luar rumah

5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

Saat melakukan kegiatan di luar rumah,terkena sengatan serangga maupun serbuk sari dari bunga yang menyebabkan gatal adalah hal yang biasa. Ada hal lain yang mungkin tidak kamu ketahui namun dapat menyebabkan gatal yaitu paparan sinar matahari yang terik, mandi menggunakan air panas, suhu dingin dan angin kencang terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. 

Marilyn Li MD, seorang ahli alergi dan imunologi di Los Angeles mengatakan bahwa dokter akan memberikan antihistamine bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Antihistamine akan membantu kamu beraktifitas di bawah sinar matahari yang terik dan menikmati udara dingin di luar rumah. Selain itu, tentunya kamu juga bisa memakai sunblock atau memakai pakaian yang agak tebal supaya tidak mengalami gatal.  Agen Capsa

3. Penyakit serius yang bisa membahayakan dirimu 

5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

Seperti yang sudah disampaikan di atas, gatal ada 2 jenis yaitu gatal ringan dan gatal berat (kronis). Gatal kronis bisa menunjukkan adanya penyakit serius yang mengharuskan kamu untuk melakukan pengecekan darah. Menurut Dr. Jaliman, penyakit lupus, limfoma, tiroid, hepatitis, HIV, bakteri dan virus tertentu memiliki gejala gatal-gatal. 

5 Penyebab Gatal yang Perlu Kamu Ketahui, Kenapa Ya?

Penyakit tersebut bukanlah penyakit biasa namun penyakit serius yang membutuhkan obat dan perawatan yang intensif. Segeralah pergi ke dokter bila kamu mengalami gatal-gatal berat (kronis). 

4. Berolahraga memiliki efek negatif bagi beberapa orang 

Olahraga mempunyai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya yaitu dapat menimbulkan rasa gatal. Dr. Jaliman mengatakan bahwa saat berolahraga tubuh memproduksi acetylcholine. Acetylcholine inilah yang memiliki dampak negatif seperti menyebabkan iritasi kulit dan gatal-gatal bagi beberapa orang. 

BACA JUGA ; Menginap Tanpa Izin RT, Pria Semarang Dikarantina

Selain acetylcholine, berolahraga juga meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih tinggi sehingga tubuh merasakan panas. Seperti pada poin yang sebelumnya, suhu yang panas dapat menyebabkan gatal-gatal. Hal yang dapat kamu lakukan adalah menjaga suhu tubuhmu tetap normal dan tidak terlalu panas. 

5. Stres karena permasalahan kehidupan 

Stres karena permasalahan kehidupan dapat menyebabkan gatal-gatal terutama untuk kamu yang mengalami gatal berat (kronis). Saat mengalami stress, kita cenderung mudah marah. Kemarahan inilah yang meningkatkan suhu tubuh sehingga menghasilkan histamine. Histamine adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Poker Online

Langkah yang harus kamu lakukan jika memiliki gatal berat (kronis) adalah mengunjungi dokter untuk mengetahui pasti penyebabnya dan mendapatkan resep obat antihistamine. Kamu bisa mencegah terjadinya gatal-gatal dengan cara menjaga emosi dan level stress supaya tetap stabil. 

Itulah 5 penyebab gatal-gatal yang harus kamu ketahui. Tetap jaga kesehatan dan jangan pernah menyepelekan rasa gatal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *