Uncategorized

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

PelanggQQLounge – 5 Penyebab Kamu Sering Merasa Tubuh seseorang bergantung pada apa yang ia makan. Wajar jika seseorang merasa lapar jika tidak makan selama beberapa jam. Tetapi bagaimana jika perut terus-menerus terasa keroncongan, bahkan setelah baru saja menyelesaikan makan besar? Jangan dianggap remeh! Bisa saja itu adalah sesuatu yang serius terkait kesehatan. 

Berikut 5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

1. Kurang tidur

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

Tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Melansir laman Healthline, bahwa tidur yang cukup akan membantu mengatur ghrelin yaitu hormon yang menjadi perangsang nafsu makan. Kurang tidur akan menyebabkan tingkat ghrelin lebih tinggi, itulah sebabnya seseorang merasa lebih sering lapar saat kurang tidur. 

Sebaliknya, tidur yang cukup akan membantu memastikan tingkat leptin yang tinggi dan disaat itulah seseorang akan merasa lebih kenyang. Untuk menjaga agar tingkat kelaparan terkendali, umumnya disarankan untuk tidur yang cukup setidaknya 8 jam. 

2. Kurang asupan protein

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein dapat membantu seseorang merasa kenyang. Seperti yang dicatat oleh laman Medical News Today, tentang sebuah studi tahun 2015 dari China yang meneliti tentang efek diet tinggi protein pada 156 remaja dengan obesitas.

Para peneliti mengacak peserta untuk makan sarapan tinggi protein dan rendah protein setiap hari selama 3 bulan. Kedua sarapan memiliki jumlah kalori yang sama. Studi tersebut menemukan sarapan tinggi protein mengurangi asupan makanan saat makan siang dan meningkatkan penurunan berat badan dan rasa kenyang pada peserta. Ini artinya, kekurangan protein akan mempengaruhi rasa lapar seseorang. Agen Capsa

3. Dehidrasi

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

Dehidrasi sering kali membuat seolah-olah sedang merasa lapar. Dicatat oleh laman Men’s Health, hal tersebut dikarenakan hipotalamus, bagian otak yang mengatur rasa lapar dan haus yang memberikan sinyal atau pesan sehingga membuat seseorang berpikir bahwa ia sedang lapar. Padahal sebenarnya yang ia butuhkan bukanlah makanan, melainkan segelas air.

Jika kamu merasa lapar padahal baru saja makan besar, minumlah segelas air terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk makan lagi. Kamu mungkin akan menyadari bahwa sebenarnya kamu bukan lapar, melainkan haus. 

4. Diabetes

Diabetes biasanya ditandai dengan 3 gejala utama atau biasa disebut dengan 3P yaitu Poliuri, Polidipsi, dan Polifagi. Melansir laman diabetes.co.uk, polifagia adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan rasa lapar yang berlebihan atau peningkatan nafsu makan.

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

Cepat merasa lapar menjadi salah satu gejala diabetes yang paling sering disepelekan. Ketika seseorang menderita diabetes, tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin secara maksimal. Padahal, insulin memiliki peranan penting dalam mengubah gula menjadi energi. Sebagai akibatnya, tubuh pun berusaha meningkatkan asupan energi dengan mengirim sinyal untuk makan lebih banyak.

5. Stres

Pada beberapa orang, stres dapat menyebabkan mereka mengabaikan isyarat lapar sehingga akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, ada pula yang sebaliknya, yang justru makan berlebihan saat sedang stres melanda. Poker Oniine

Mengutip laman Healthline, seseorang yang mengalami stres akan menyebabkan peningkatan kadar kortisol, yaitu hormon yang mampu meningkatkan rasa lapar pada seseorang. Oleh sebab itulah, sebagian orang malah suka makan banyak ketika stres sedang menyerang. 

BACA JUGA : Hal yang Paling Bikin Capricorn Gak Bahagia Illfeel sama Pemalas!

Demikianlah lima hal yang bisa menjadi penyebab seseorang merasakan lapar setiap waktu. Berdasarkan daftar di atas, maka untuk mengurangi rasa lapar adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti minum yang cukup, tidur yang cukup, makan makanan dengan gizi yang seimbang dan hindari stres. Namun, jika memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, tidak salahnya untuk periksa ke dokter. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *