6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa
BERITA UNIK

6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa

PelangiQQLounge – 6 Fakta Unik Thailand merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit di Asia Tenggara, selain Singapura. Gak hanya banyak objek wisata yang menarik, orang Thailand juga terkenal ramah dan murah senyum, lo. Oleh sebab itu, gak heran jika banyak turis asing yang betah berlama-lama berlibur di Thailand karena keramahan dari penduduknya tersebut. Menurut data yang ada, Thailand dikunjungi 6 juta wisatawan asing setiap tahunnya, lo. Wah, banyak sekali bukan?

Nah, di balik kepopulerannya sebagai salah satu tujuan wisata terfavorit di Asia Tenggara, Thailand memiliki beberapa fakta unik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja fakta uniknya? Yuk, simak ulasannya

Berikut 6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah EropaBerikut

1. Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah Eropa

6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa

Negara yang mendapat julukan “Negeri Gajah Putih” ini, merupakan salah satu negara di dunia yang tidak pernah dijajah bangsa asing, lo. Menariknya lagi, Thailand merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Oleh sebab itu, nama negara ini dalam bahasa Thailand adalah “Pharet Thai, yang artinya adalah “Tanah yang Bebas.”

2. Tidak menghormati anggota keluarga kerajaan bisa dipenjara

6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa

Bentuk pemerintahan Thailand adalah monarki konstitusional. Oleh sebab itu, penduduk Thailand sangat menghormati anggota keluarga kerajaan, terutama sang raja. Bahkan jika ada orang yang menghina dan tidak menghormati sang raja dan keluarga kerajaan lainnya, akan mendapat hukuman penjara, lo.

Hukuman penjara untuk seseorang yang tidak menghormati sang raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya terdapat dalam Pasal 112 KUHP, yang bunyinya yaitu “seseorang yang mencemarkan nama baik, mengancam, dan menghina raja beserta anggota keluarga kerajaan lainnya, dan juga bupati, akan mendapat hukuman penjara selama 3 hingga 15 tahun.” 

3. Tanah kelahiran kucing Siam

6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa

Pada zaman dahulu, Thailand dikenal sebagai Kerajaan Siam, karena merupakan tanah kelahiran kucing Siam. Bahkan pada abad ke-14, terdapat buku puisi yang menggambarkan tentang 23 jenis kucing Siam, meski kini hanya terdapat 6 jenis saja. Selain itu, kucing Siam juga dianggap sebagai simbol keberuntungan pada pernikahan, sehingga sering dihadirkan sepasang kucing Siam di acara pernikahan. Agen Capsa

4. Tempat kelahiran minuman “Red Bull”

Siapa yang tidak mengenal Red Bull? Salah satu merk minuman berenergi ternama dunia dari Austria ini, ternyata awalnya berasal dari minuman Kratingdaeng dari Thailand, lo. Dilansir dari 12go.asia, Red Bull berasal dari Kratingdaeng, minuman manis dan tidak berkarbonasi yang dijual oleh pengusaha Thailand bernama Chaleo Yoovidhy pada tahun 1976 di seluruh kawasan Asia. 

6 Fakta Unik Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa

Namun pada suatu hari, seorang pengusaha dari Austria bernama Dietrich Mateschitz berkunjung ke Thailand dan mengalami jet lag. Untuk mengatasi jet lag, Dietrich Mateschitz mengonsumsi Kratingdaeng, dan sembuh setelah untuk mengonsumsi minuman berenergi tersebut.

Pengusaha Austria ini pun tertarik untuk mengadopsi ide dari Kratingdaeng dan memodifikasi bahan-bahannya agar sesuai dengan selera orang Barat. Untuk mencegah tuduhan penjiplakan, Dietrich Mateschitz mengajak pendiri Kratingdaeng yaitu Chaleo Yoovidhy untuk bekerja sama mendirikan Red Bull GmbH di Chakkapong, Thailand, pada tahun 1987.

5. Pengekspor bunga anggrek terbesar di dunia

Thailand merupakan pengekspor bunga anggrek terbesar di dunia, lo. Dilansir dari 12go.asia, Thailand mengekspor 45% bunga anggrek ke luar negeri, dan sisanya dijual di negaranya sediri. Di Thailand terdapat 1.500 spesies anggrek yang tumbuh secara liar di hutan-hutan Thailand.  Poker Online

6. Dilarang memegang kepala, termasuk kepala anak kecil

Penduduk Thailand gak ramah, namun juga sangat menghormati orang lain. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peraturan dilarang memegang kepala orang lain termasuk kepala anak kecil. Bagi orang Thailand, kepala dianggap salah satu bagian terpenting pada tubuh, lo. Selain itu, orang Thailand juga menundukkan kepala jika bertemu dengan orang yang tua atau yang posisinya lebih tinggi dari mereka.

BACA JUGA : 5 Manfaat Daun Kersen bagi Tubuh, Ternyata Menyehatkan!

Nah, itulah ulasan 6 fakta unik Thailand, negara yang tidak pernah dijajah Eropa. Tertarik untuk berkunjung ke Negeri Gajah Putih, guys?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *