7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan
BERITA UNIK

7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan

Nah ternyata inilah 7 gejala mata kering kronis yang sering di abaikan, kalau mengalami mata kering, jangan di kucek ya! Yuk mari kita simak bersama.

PELANGIQQ – Kadang-kadang, kita kurang memerhatikan kesehatan mata kita. Mata bisa jadi kering akibat berbagai faktor, seperti menatap layar terus-menerus, sering terpapar polusi udara atau pengaruh rokok. Akibatnya, rasa tidak nyaman pun muncul di mata kita. AGEN CAPSA

Lantas, seperti apa 7 gejala mata kering kronis yang tidak kamu sadari? Kenali lebih dalam lewat penjelasan di bawah ini!

1. Mata memerah

Mata kering kronis akan membuat mata memerah. Menurut laman Wickerpark Eye Center, ini merupakan respons alami ketika mata meradang atau mengalami iritasi.

Jika kelembapan pada mata berkurang, maka mata akan berubah menjadi kemerahan. Bagian sklera menjadi merah, padahal aslinya putih dan pembuluh darah vena juga jadi terlihat menonjol.

2. Mengeluarkan air mata berlebihan

7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan

Selanjutnya, mata akan memproduksi air secara berlebihan dan membuat mata jadi berair. Mata berusaha mengembalikan kelembapan, akhirnya air mata di produksi secara masif, ungkap laman Wickerpark Eye Center. Tujuan air mata ini di keluarkan adalah sebagai pelumas dan mengembalikan kondisi mata supaya kembali normal.

3. Merasakan sensasi menyengat atau terbakar

7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan

Pertanda mata kering kronis lainnya ialah sensasi menyengat dan terbakar pada mata. Penjelasannya, peradangan bisa menimbulkan sensasi terbakar pada mata, ucap laman All About Vision. Bukan hanya mata kering kronis yang memicu sensasi menyengat dan terbakar, tetapi juga blepharitis, ocular rosacea dan infeksi virus atau bakteri.

4. Merasa tidak nyaman saat memakai lensa kontak

7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan

Mata kering kronis akan membuatmu merasa tidak nyaman saat memakai lensa kontak. Memakai lensa kontak akan membuat mata kering dan iritasi.

Untuk menghindari mata semakin mengering, jangan memakai lensa kontak lebih dari 8 jam. Setelah di pakai, rendam lensa kontak di dalam cairan khusus yang bersih. Don’t forget to wash your hands.

Baca juga : 5 Penyakit Berbahaya akibat Kurang Tidur

5. Ada sensasi berpasir di mata

7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Di Abaikan

Pernahkah kamu merasakan sensasi berpasir di mata? Sehingga, ini memicu kita untuk mengucek dengan tangan? Munculnya sensasi ini adalah gejala mata kering kronis, jelas laman Wickerpark Eye Center.

Kita merasa ada yang mengganjal di mata, seperti kotoran atau pasir, padahal tidak ada. Mata menjadi sensitif karena kehilangan kelembapan.

6. Sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang

Apakah kamu merasa tidak nyaman saat bangun tidur lalu melihat lampu kamar? Mungkin, kamu mengalami sensitif terhadap cahaya (photophobia).

Ini di sebabkan oleh peradangan atau inflamasi di mata akibat mata kering, terang laman My Eyes. Biasanya, bagian yang mengalami peradangan adalah kornea atau iris.

7. Kelopak mata terasa berat dan lelah

Gejala mata kering kronis lainnya adalah kelopak mata yang berat dan lelah. Hal ini di ikuti oleh gejala lainnya, seperti penglihatan kabur sementara, mata tegang ketika membaca atau menatap layar gadget hingga timbulnya rasa nyeri di mata, ungkap laman Everyday Health. Gejala akan semakin parah jika kamu berada di tempat kering dan di penuhi polusi.

Nah, itulah 7 gejala mata kering kronis yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu mengalami gejala tersebut, jangan ragu untuk pergi ke dokter, ya! POKER ONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *