ADUQ SAKONG

7 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan

PELANGIQQ : 7 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan bagi kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Padahal, salah satu jenis cabai ini cukup sering dikonsumsi orang Indonesia. Biasanya cabai rawit selalu disediakan untuk menemani makan gorengan.PELANGIQQ

Cabai rawit dikenal karena rasanya yang relatif lebih pedas ketimbang cabai merah biasa. Saking populernya, banyak orang menggunakan istilah “kecil-kecil cabe rawit” untuk menggambarkan kehebatan seseorang.

Manfaat cabai rawit seakan-akan terlupakan karena rasa pedasnya yang menggigit. Bagi kamu yang menyukai salah satu pelengkap makanan ini, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur. Jangan terlalu berlebihan agar kamu tidak terkena berbagai masalah kesehatan.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam cabai rawit memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Di antaranya seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin bisa kamu dapatkan dalam cabai.

Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat cabai rawit bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan metabolisme. Menambahkan cabai rawit sebagai menu diet dapat meningkatkan kecepatan metabolisme sebanyak 50 persen sampai tiga jam setelah kamu mengonsumsinya.

Hal ini membantu membakar lemak sepanjang hari dan menurunkan berat badan lebih cepat dalam jangka panjang. 10 gram cabe rawit hijau telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak baik pada pria maupun wanita.

Setiap orang pasti mendambakan pencernaan yang lancar setiap harinya, sebab jika tidak, maka kotoran dalam tubuh akan terus menumpuk sehingga bisa menyebabkan penyakit.

Cabai rawit dapat menstimulasi sistem pencernaan dalam tubuh dengan meningkatnya produksi enzim dan juga asam lambung. Karenanya terjadi proses metabolisme makanan dalam tubuh. Namun demikian tetap hati-hati dalam mengonsumsi cabai, sebab jika berlebihan dapat membuatmu terserang diare dan penyakit lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat cabai rawit berikutnya adalah untuk kesehatan mata. Kandungan cabai rawit seperti vitamin B2 ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi cabai rawit dengan takaran yang pas dan tidak berlebih agar tidak memilki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Khasiat cabai rawit dalam mengatasi masalah kesehatan mata serupa dengan khasiat yang terdapat dalam wortel, yaitu sama-sama memiliki manfaat menyehatkan mata.

Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan

sakit kepala(iStock)

Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala juga dapat diatasi dengan manfaat cabai rawit. Ini karena dalam cabai rawit mengandung komponen bernama capsaicin yang dapat memberikan sensasi pedas pada cabai.

Oleh karena itu, saat pusing kamu dapat mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan cabai rawit di dalamnya. Setelah itu akan timbul efek pedas yang ditandai dengan keluarnya lendir pada hidung.

Ketika hal tersebut terjadi, maka sakit kepala yang menderamu perlahan mulai mereda di mana kepala tidak lagi terasa berat atau pusing seperti sebelumnya. Vitamin C dan antioksidan juga membantu melawan penyakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka juga bisa dipercepat dengan manfaat cabai rawit ini. Cabai rawit hijau bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin C membantu pembentukan kolagen, protein struktural yang membentuk kulit dan menghasilkan pengurangan waktu keseluruhan yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka

Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan

Ilustrasi jantung (iStock)

Melindungi Kekebalan Tubuh

Manfaat cabai rawit juga dapat melindungi kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada cabai rawit dapat melindungi tubuh manusia dari serangan berbagai penyakit. Karenanya vitamin C pada cabai ini bagus memperkuat sistem imun tubuh agar kebal terhadap serangan penyakit. Jika sistem imunmu kuat, maka tubuh dapat beraktivitas dengan baik dan kesehatanmu tetap optimal.

Menangkal Penyakit Jantung

Cabai rawit mengandung vitamin B6,asam folat, potassium dan betakaroten yang dapat mencegah kamu dari serangan penyakit jantung. Biasanya serangan jantung disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi, adapun manfaat cabai rawit dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, dengan begitu jantung bekerja optimal. Selain itu, cabai rawit juga dapat menangkal kolesterol jahat dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Beri-beri

Manfaat cabai rawit selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit beri-beri. Penyakit beri-beri merupakan penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin B1. Artinya jika tubuh kekurangan vitamin B1, maka rentan terkena penyakit beri-beri. Adapun vitamin B1 diperlukan tubuh untuk memproduksi energi.

Untuk itu, memakan cabai rawit dapat menjadi solusi untuk memenuhi asupan vitamin B1 pada tubuh, namun ingat jangan makan cabai dengan tidak berlebihan ya, karena tidak baik bagi kesehatanmu.

Itulah beberapa manfaat cabai rawit bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum menerapkan manfaat cabai rawit untuk kesehatan. Jangan terlalu berlebihan dan selalu ikuti petunjuk dari dokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *