ADUQ TIPS & TRICK

7 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

PELANGIQQ : 7 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Selama ini, kita mungkin sering mengkonsumsi jeruk karena suka dengan rasa manis dan asam yang terkandung dalam buah tersebut. Selain itu, kita juga bisa rutin menyantap buah ini karena berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang dimilikinya.ADVERTISEMENTBaru-baru ini, tim peneliti dari IPB dan UI menyebutkan, jeruk, khususnya pada bagian kulit, memiliki kandungan senyawa hesperidin yang berpotensi melawan mikroba dan virus, termasuk virus Corona yang menyebabkan COVID-19. Untuk mendapatkan manfaat dari senyawa tersebut, kita cukup mencampurkan sedikit kulit jeruk yang dicuci bersih ke dalam jus jeruk.Selain itu, jeruk juga disebut dapat membantu melawan kolesterol, menjaga tekanan darah, sekaligus mencegah penuaan pada kulit. Selengkapnya, berikut manfaat jeruk bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.PelangiQQ

1. Berpotensi melawan mikroba dan virus

Penelitian terbaru yang digagas oleh tim dari IPB dan UI menyatakan, senyawa flavonoid, termasuk hesperidin, disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mirkoba dan virus, termasuk dari COVID-19. Sementara, senyawa itu banyak ditemukan di kulit buah jeruk.ADVERTISEMENT”Jadi, selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit yang sudah dicuci bersih. Memang, akan terasa sedikit pahit. Nah, tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” ujar Prof Irmanida Batubara, Guru Besar IPB University dan Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), seperti dikutip kumparanNEWS.

Ilustrasi kulit jeruk

2. Meningkatkan imunitas dan melawan infeksi

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk bisa membantu meningkatkan imunitas pada tubuh, sekaligus melawan infeksi. Menurut Huffpost, konsumsi jeruk tangerine bisa membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menyediakan 53% dari jumlah vitamin C yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh.

3. Meningkatkan kondisi pencernaan dan meregulasi tekanan darah

Tak hanya vitamin C, jeruk juga memiliki berbagai kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, fiber atau serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Kedua, buah ini juga memiliki kandungan potasium, yang membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Di luar itu, beberapa kandungan lain pada jeruk, seperti seperti folate, potasium, dan antioksidan, disebut dapat bermanfaat bagi otak. Potasium dapat membantu melancarkan peredaran darah hingga ke otak, sehingga meningkatkan konsentrasi dan juga fungsi kognitif. Sementara, folate diketahui dapat membantu memerangi penurunan fungsi otak, termasuk penyakit Alzheimer.

Jeruk limau kasturi

5. Menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Stylecraze melansir, konsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dikaitkan dengan penurunan kolesterol dalam tubuh perempuan dan pria. Ini dikarenakan, jeruk kaya dengan fiber atau serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol di liver dan serum.Maka, hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tak cuma menjaga level kolesterol pada tubuh, jeruk yang kaya dengan vitamin C juga bisa membantu mencegah penggumpalan darah. Pada akhirnya, kombinasi ini berperan dalam mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.ADVERTISEMENT

6. Membantu melawan penuaan pada kulit

Menurut Times of India, jeruk memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu kulit melawan radikal bebas. Sementara, zat radikal bebas diketahui sebagai salah satu penyebab penuaan pada kulit. Sehingga, rutin dengan mengkonsumsi jeruk, setidaknya satu buah sehari, kita bisa membantu menunda penuaan pada kulit.

Jus jeruk

7. Membantu menjaga kecantikan kulit dan rambut

Tak hanya itu, jeruk juga bisa membantu kita menjaga kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Huffpost melaporkan, zat vitamin C–yang banyak terdapat dalam jeruk, khususnya jenis jeruk tangerine–tidak hanya menjaga sistem imun, tapi juga membantu memproduksi kolagen yang baik untuk kulit dan rambut. Selain itu, jeruk tangerine juga kaya akan vitamin A, zat yang disebut memiliki khasiat untuk melembapkan rambut melalui peningkatan sebum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *