7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat
BERITA UNIK

7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Nah ternyata inilah 7 tips agar daya tahan tubuh tetap kuat selama musim hujan, karena banyak penyakit yang mengintai loh. Yuk mari kita simak bersama!

PELANGIQQ – Banyak orang menyukai musim hujan. Selain asyik untuk berfoto ria, hujan juga membuat suasana lebih syahdu, suasana di mana kita bisa menikmati minuman hangat sambil menatap rintik hujan dari jendela dan mendengarkan lagu galau. Kamu begitu, nggak?

Sepanjang bulan Januari dan Februari merupakan puncak curah hujan di Indonesia. Meskipun harus tetap beraktivitas dengan di guyur hujan, tetapi kita tetap harus menjaga kondisi kesehatan. Bagaimana caranya agar daya tahan tubuh kita tetap optimal saat musim hujan? AGEN CAPSA

Yuk, simak 7 tips agar daya tahan tubuh tetap kuat berikut ini!

1. Jaga kebersihan

Bersihkan selalu sudut-sudut rumah. Jangan biarkan ada kubangan di tempat-tempat yang bisa menampung air, atau di tempat-tempat yang gelap dan lembap seperti di gudang penyimpanan. Kubangan air bisa menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak dan meningkatkan risiko penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD).

Sebagaimana di jelaskan di laman WebMD, untuk mengurangi populasi nyamuk, singkirkan tempat-tempat di mana nyamuk bisa berkembang biak. Misalnya ban bekas, vas bunga, kaleng kosong, tempat minum hewan peliharaan, dan tempat penampungan air lainnya.

Jangan lupa untuk mengelola sampah dengan baik serta bersihkan saluran air agar bebas dari sampah. Ini juga penting sebagai upaya pencegahan banjir.

2. Banyak minum air putih

Air putih dapat melancarkan saluran pencernaan dan dapat menjaga daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian yang di terbitkan dalam British Nutrition Foundation Nutrition Bulletin tahun 2010, air sangat penting untuk kehidupan.

Air dapat memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dapat melindungi fungsi organ tubuh kita bekerja secara maksimal. Minuman yang di tambahkan pemanis atau perasa bisa mengandung kalori, maka pilihan terbaik adalah air putih.

Waktu terbaik untuk minum air putih yang di anjurkan adalah saat bangun tidur, sebelum makan, serta sebelum dan sesudah berolahraga.

3. Konsumsi buah dan sayur

7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Berdasarkan penelitian yang di terbitkan dalam Food and Scientific Report tahun 2020, buah dan sayur merupakan sumber, antioksidan, vitamin, dan mineral. Konsumsi buah dan sayur yang memadai direkomendasikan untuk diet.

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Di antaranya adalah vitamin A dan C. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, brokoli, melon, dan labu. Sementara itu, vitamin C banyak di dapat pada jeruk, tomat, dan sebagainya.

Makanan lain seperti jamur, produk susu, daging, dan telur juga bisa membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hindari makan makan mentah. Selalu masak makananmu, khususnya daging, hingga matang. Usahakan untuk tidak membeli makanan di tempat-tempat yang kondisi kebersihannya tidak terjaga. Paling amannya masak sendiri makananmu di rumah.

Baca juga : 5 Tanda Olahragamu Terlalu Berlebihan

4. Sedia payung sebelum hujan

7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Saat musim hujan, tentunya bertambah barang-barang bawaan yang perlu di siapkan, seperti payung, jaket, jas hujan, topi, atau bila perlu bawa baju ganti, khususnya bagi kamu yang ke mana-mana naik kendaraan umum atau mengendarai motor.

Jangan memaksakan diri untuk hujan-hujanan. Selalu pantau ramalan cuaca harian dan selalu siapkan diri dengan benda-benda yang bisa melindungimu dari guyuran hujan.

5. Kenakan alas kaki yang layak

7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Permukaan jalan akan menjadi licin jika terguyur hujan sepanjang hari. Melansir Science Direct, ada penelitian yang menyebut bahwa alas kaki yang buruk adalah faktor risiko terpeleset atau jatuh.

Alas kaki dengan ketahanan sol luar yang lebih baik berpotensi secara dramatis mengurangi risiko cedera akibat jatuh saat musim dingin atau musim hujan. Oleh karena itu, pakailah alas kaki seperti sandal dan sepatu yang bergerigi dan kuat agar kamu tidak mudah terpeleset di jalanan yang basah.

Kamu di sarankan untuk memakai sepatu tahan air bila harus beraktivitas di luar ruangan saat musim hujan. Bila perlu, bawa sepatu cadangan untuk menjaga kakimu tetap nyaman dan hangat.

Baca juga : Ritual Seks Yang Paling Unik Di Seluruh Dunia, Sulit Dipercaya!

6. Olahraga di rumah

7 Tips agar Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Tubuh harus tetep fit dan berkeringat walaupun kita di rumah saja. Banyak jenis olahraga yang bisa di lakukan, misalnya yoga, senam aerobik, dan sebagainya. Olahraga penting sangat penting di lakukan agar tubuh sehat dan bugar saat musim hujan.

Michael Jonesco, DO, seorang dokter spesialis olahraga dari Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat (AS), merekomendasikan agar kita melengkapi olahraga dengan yoga dan latihan lainnya yang membangun otot, kekuatan inti, dan fleksibilitas yang di lakukan 20 hingga 30 menit sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Terakhir, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional, yang mana ini juga mendukung kesehatan fisik karena hubungannya sangat erat.

7. Jaga tubuh agar tetap hangat dan kering

Bila kamu kehujanan, hal pertama yang perlu di lakukan sesampainya di rumah adalah cuci tangan dan mengganti bajumu dengan baju yang kering dan hangat. Bila perlu, langsung mandi. Keringkan rambut dengan handuk atau hair dryer.

Menjaga tubuhmu tetap hangat dan kering dapat menghindarkanmu dari penyakit khas musim hujan seperti, batuk pilek maupun flu.

Itulah tips agar kamu tetap sehat selama musim hujan. Jaga pola makan tetap sehat, rutin olahraga, tidur cukup, kelola stres dengan baik, serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah. POKER ONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *