Uncategorized

8 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

PELANGIQQ : 8 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Dapat dikatakan, Indonesia mempunyai letak dan iklim yang cukup strategis karena cocok ditumbuhi tanaman buah kaya manfaat yang tidak lain adalah jambu biji. Tanaman buah yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari daerah Amerika Tengah.PELANGIQQ

Kemudian mulai menyebar ke daerah Asia, termasuk Indonesia. Kini, tanaman buah berbiji ini sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di daerah Jawa.

Di Indonesia sendiri, buah jambu biji yang banyak ditemui adalah jambu biji merah. Walaupun ada juga jambu biji putih yang mulai dibudidayakan masyarakat Indonesia.

Biasanya buah yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan berbagai sajian minuman maupun makanan. Mulai dari minuman jus, smoothies, hingga salad buah.

Rasanya yang manis dan sedikit asam memang sangat menyegarkan untuk dijadikan minuman maupun dikonsumsi secara langsung. Bukan hanya itu, dikatakan bahwa kandungan vitamin C dalam jambu biji ternyata lebih tinggi dibandingkan buah lain seperti jeruk.

Sehingga tidak heran jika sumber vitamin C dalam jambu biji sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, jambu biji juga mempunyai berbagai kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.1 dari 8 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa jambu biji merah mempunyai sumber vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh.

Manfaat jambu biji yang satu ini bisa melindungi dan menghindarkan tubuh dari serangan berbagai infeksi kuman, bakteri hingga virus penyebab penyakit.

Bukan hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji merah juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah.

Bahkan sumber kandungan vitamin C ini juga sangat berguna untuk membantu penyerapan zat besi, mempercepat penyembuhan luka hingga meningkatkan fungsi otak.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Selain kaya dengan kandungan vitamin C, jambu biji merah juga banyak mengandung kalium yang sangat berguna untuk menjaga tekanan darah. Kalium bekerja melindungi tubuh dari berbagai pengaruh eksternal yang dapat mengganggu bahkan merusak tekanan darah dalam tubuh.

Manfaat jambu biji yang satu ini memang sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah darah tinggi.

Bukan hanya itu, ternyata dari hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji merah juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tidak lain didapatkan dari kandungan vitamin C dan serat yang tinggi dalam jambu biji.3 dari 8 halaman

Melancarkan Saluran Pencernaan

002 febrianti diah kusumaningrum

boldsky.com

Banyaknya serat yang terkandung dalam jambu biji merah pun tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, melainkan juga dapat melancarkan sistem saluran pencernaan.

Serat yang terkandung dalam jambu biji ini dapat mencegah terjadinya sembelit dan memastikan bakteri baik dalam saluran pencernaan dapat bekerja secara optimal.

Dengan begitu, manfaat jambu biji yang satu ini sangat cocok Anda konsumsi jika sedang mengalami masalah susah buang air besar.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu biji merah selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin A yang mampu mencegah berbagai infeksi penyakit mata.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam jambu biji merah ternyata juga dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit.

Manfaat ini tentu saja sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, Anda bisa mulai mengonsumsi jambu biji merah dari sekarang.

Menyehatkan Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa kandungan vitamin A dalam jambu biji merah sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, baik wajah maupun tubuh.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga mampu mengeluarkan senyawa radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Sehingga tidak heran, dengan adanya kandungan ini, Anda akan mendapatkan kulit yang selalu terlihat segar.

6 dari 8 halaman

Mencegah Demam Berdarah

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa buah jambu biji merah sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit demam berdarah.

Bukan tanpa alasan, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mempunyai kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab penyakit mematikan ini.

Bukan hanya itu, daun jambu biji juga dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh serta dapat menurunkan risiko terjadinya pendarahan di berbagai organ vital pada penderita DBD.

Tidak jarang memang pada orang yang sedang menderita penyakit ini biasanya banyak mengonsumsi jus jambu biji atau juga ekstrak daun jambu biji sebagai obat alternatif untuk membantu penyembuhan.

7 dari 8 halaman

Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Selain dapat mencegah dan mengobati penyakit demam berdarah, mengonsumsi jambu biji merah juga dapat mencegah dan mengatasi diabetes.

Manfaat jambu biji yang satu ini memang didapatkan dari tingginya kandungan serat di dalamnya. Bahkan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa buah ini dapat mencegah terjadinya lonjakan gula pada penderita diabetes.

Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi buah jambu biji dapat mengurangi munculnya gejala diabetes, menurunkan risiko kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes.

Namun untuk hal ini, sebaiknya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji merah selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit kanker. Khasiat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fitonutrien yang banyak terdapat di dalamnya. Kandungan ini dinilai sangat efektif untuk mencegah terserangnya penyakit kanker.

Tidak hanya itu, tingginya kandungan vitamin C dalam jambu biji juga sangat bermanfaat untuk menetralkan senyawa radikal bebas yang mampu menyebabkan penyakit kanker jika banyak tertumpuk di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *