Uncategorized

8 Manfaat Konsumsi Singkong

PelangiQQ : 8 Manfaat Konsumsi Singkong Bagi Kesehatan Singkong adalah salah satu makanan pengganti nasi yang populer di Indonesia. Singkong telah diolah menjadi berbagai macam kudapan oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Singkong sendiri banyak tumbuh di berbagai negara tropis di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Di negara-negara ini, singkong juga telah menjadi sumber makanan pokok yang dikonsumsi secara massal.PelangiQQ

Singkong adalah jenis umbi-umbian, dengan akar dan daun yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Pada umumnya, singkong diolah dengan cara digoreng dan direbus. Singkong juga dikenal sebagai bahan baku tepung tapioka. Singkong mengandung banyak nutrisi seperti serat, karbohidrat, protein, air, vitamin A dan C, serta mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Selain mudah didapat dengan harga murah dan kaya nutrisi, manfaat singkong juga berlimpah. Berikut adalah daftar manfaat singkong bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsinya.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat singkong yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Singkong diketahui kaya akan serat yang termasuk dalam golongan serat tak larut dalam air. Hal ini membuat singkong dapat membantu menyerap racun di dalam usus. Racun yang terserap nantinya akan dibuang bersama dengan feses atau kotoran.

Manfaat singkong yang satu ini mampu menjaga kesehatan usus sehingga baik untuk sistem pencernaan. Serat termasuk jenis bahan makanan non karbohidrat yang sering dikaitkan dengan kesehatan sistem pencernaan.

Apabila tubuh kekurangan asupan serat, dapat memicu timbulnya masalah pencernaan seperti sembelit, radang usus, diare, dan sejenisnya. Dalam saluran cerna, serat membantu perkembangan bakteri baik dan mengoptimalkan fungsi bakteri baik tersebut agar dapat melindungi usus dari gangguan bakteri jahat.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

badan

Manfaat singkong yang kedua adalah membantu Anda dalam proses menurunkan berat badan. Singkong diketahui bagus untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini karena singkong mengandung kalori yang lebih rendah dan kaya akan serat, yang dapat membantu tubuh merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan ini, frekuensi waktu makan Anda dapat lebih terkontrol dan mencegah Anda untuk makan yang berlebihan.

3. Menjadi Sumber Energi untuk Tubuh

Manfaat singkong yang ketiga adalah dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Setiap 100 gram singkong mengandung 160 kalori.

Selain itu singkong juga tinggi akan karbohidrat yang nantinya berubah menjadi glukosa, salah satu sumber energi dalam tubuh. Sekitar 80% konsumsi karbohidrat per hari diperlukan oleh organ seperti otak agar otak dapat berfungsi secara maksimal. 

4. Bantu Jaga Kesehatan Rambut

sehat

Manfaat singkong yang ke empat adalah dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Singkong dapat membantu pertumbuhan rambut, mengontrol kerontokan rambut, dan memberi nutrisi untuk rambut. 

Akar dan daun singkong yang sudah dihaluskan dapat digunakan sebagai masker rambut, dengan tujuan agar rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, rambut rontok adalah dilema bagi hampir sebagian besar kaum wanita.

Pemanfaatan singkong dengan cara tersebut juga sekaligus mampu membantu mengontrol rambut yang mudah rontok. Ini adalah solusi sederhana, cepat dan efektif untuk menyuburkan rambut Anda dari akar ke ujung, melembabkannya dan mengendalikan helainya yang rontok.

5. Bantu Redakan Demam dan Sakit Kepala

Manfaat singkong yang kelima adalah dapat membantu untuk meredakan sakit kepala dan demam yang menyerang Anda. Daun singkong efektif mengobati demam. Caranya, ambil umbi serta daun singkong untuk membuat rebusan. Cukup ambil 400 gram daun singkong dan 80 gram umbinya, lalu rebus dalam satu liter air. Ketika volume air telah berkurang setengahnya, matikan api dan dinginkan air rebusannya.

Singkong juga diketahui dapat meredakan sakit kepala. Yang harus Anda lakukan adalah ambil 60 gram umbi atau daun singkong, rendam dalam air selama beberapa jam, lalu haluskan dengan blender. Minumlah dua kali sehari.

6. Bantu Obati Rematik

ilustrasi rematik

Manfaat singkong yang ke enam adalah dapat membantu mengobati penyakit rematik. Penyakit rematik mengacu pada penyakit yang berkaitan dengan otot dan sendi. Osteoporosis, radang sendi, spondylitis dan lupus adalah beberapa contohnya. Sementara itu daun singkong diketahui kaya akan magnesium.

Singkong memasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium harian per porsinya. Untuk membuat obat rematik alami memanfaatkan singkong, Anda bisa mengambil 150 gram daun singkong, beberapa serai dan garam bersama dengan 15 gram akar jahe.

Rebus bahan-bahan tersebut bersama satu liter air sampai volume air berkurang menjadi sekitar 400cc. Minumlah ramuan ini setiap pagi untuk mencegah penyakit rematik.

7. Baik untuk Mengobati Luka

Manfaat singkong yang ketujuh adalah dapat digunakan untuk membantu mengobati luka pada tubuh. Daun singkong diketahui sangat bagus untuk menyembuhkan luka. Daun singkong memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu menyembuhkan cedera dengan cepat.

Caranya, Anda tinggal menghancurkan daun singkong dan campurkan dengan sedikit gel Aloe Vera hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan pasta ini pada luka. Anda juga bisa menggunakan batang singkong dengan cara, parut beberapa akar singkong dan oleskan pada luka.

Jika Anda mengalami luka bakar, peras pulpa dari rimpang singkong dan oleskan setiap hari ke luka tersebut.

8. Bantu Tingkatkan Nafsu Makan

Manfaat singkong yang ke delapan adalah dapat membantu Anda meningkatkan nafsu makan. Jika Anda sedang dalam fase susah makan akibat kehilangan selera pada makanan, singkong dapat membantu memulihkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *