Uncategorized

Badan Lemas dan Letih? Mungkin karena Ini

Badan Lemas dan Letih? Mungkin karena Ini. Dalam dunia medis, kondisi tubuh manusia yang selalu lemas tanpa sebab yang jelas disebut sebagai asthenia. Normalnya, tubuh akan menyerap nutrisi dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, pada kasus asthenia, tubuh terasa lemas seolah tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan sesuatu.

Nah, kira-kira kenapa, ya tubuh bisa selalu terasa lemas? Penyebab medis apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi? Yuk, disimak!

1. Turunnya kadar hemoglobin

Badan Selalu Lemas dan Letih? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Kasus paling umum yang menyebabkan badan terasa lemas dan letih adalah turunnya kadar hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sendiri merupakan senyawa protein yang terdapat dalam sel darah manusia. Protein ini bertugas untuk mengangkut oksigen yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar dari kinerja organ-organ tubuh manusia.

Jurnal kesehatan Healthline mencatat bahwa asthenia yang kerap terjadi pada sebagian orang dapat berkorelasi dengan berkurangnya zat hemoglobin dalam darah. Dokter akan memeriksa mengapa hemoglobin seseorang bisa turun di bawah angka normal. Jika seseorang kekurangan zat besi, orang tersebut mengalami anemia dan akan diberikan obat penambah darah.

Namun, kondisi berkurangnya sel darah merah juga bisa diakibatkan oleh penyakit berbahaya seperti kanker. Biasanya, pada penderita kanker, turunnya hemoglobin dapat terjadi karena sistem imun (sel darah putih) dalam tubuh bekerja secara ekstrem dan dapat mengurangi kadar hemoglobin secara drastis.

2. Masalah pada kelenjar tiroid

Badan Selalu Lemas dan Letih? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnyaapollosugar.com

Kelenjar tiroid yang terletak di leher adalah sebuah kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil hormon tiroid yang penting bagi metabolisme tubuh. Jika kelenjar ini bermasalah, hormon yang dihasilkan juga tidak stabil, bisa kurang dan bisa juga sangat berlebihan. Beberapa kasus kelebihan hormon tiroid bahkan bisa memicu kanker tiroid.

Clinicsbel dalam lamannya menjelaskan bahwa gangguan pada tiroid akan membuat tubuh menjadi mudah lemas dan letih. Gejala yang tampak oleh mata adalah pembesaran yang terjadi di leher. Biasanya, dokter akan memeriksa dan disertai dengan hasil laboratorium mengenai berapa banyak kadar hormon tiroid dalam tubuh.

3. Depresi

Badan Selalu Lemas dan Letih? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Depresi adalah masalah mental yang sering menyebabkan fisik atau tubuh terasa lemas, letih, dan hilang energi secara drastis. Mengapa bisa begitu? Itu karena depresi adalah sebuah kondisi dengan keadaan mental yang jatuh, sedih, putus asa, hilang harapan, dan tidak ada semangat sama sekali dalam melakukan aktivitas ringan.

Dalam beberapa kasus, depresi dapat terlihat dari luar. Namun, pada kasus-kasus yang lain, depresi sangat sulit dideteksi karena orang depresi biasanya tidak menampakkan perasaannya kepada orang lain. Depresi tidak bisa dianggap remeh. Hal paling fatal yang bisa dialami oleh orang depresi adalah bunuh diri.

Dibutuhkan empati dari lingkungan bagi orang-orang yang depresi. Bisa saja penderita depresi takut untuk mengutarakan perasaannya karena malu atau khawatir menjadi bahan pembicaraan. Jika kamu merasakan gejala-gejala depresi, sebaiknya kamu segera menghubungi ahli medis atau ahli psikologi untuk mengatasinya sebelum terlambat.

4. Diabetes

Badan Selalu Lemas dan Letih? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Seperti dicatat dalam Medical News Today, diabetes yang tak terkontrol dapat membuat tubuh menjadi lemas dan lelah sepanjang hari. Hal ini dapat terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah sehingga berpengaruh pada jumlah oksigen dalam darah tersebut. Selain tingginya gula darah, kadar gula darah yang sangat rendah juga akan mengakibatkan tubuh kelelahan ekstrem.

Menurut data yang dihimpun dari Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 61 persen penderita diabetes tipe 2 melaporkan kelelahan tubuh sebagai gejala utamanya. Ini membuktikan studi dan penelitian sebelumnya, yang menyimpulkan bahwa kelelahan tubuh ekstrem sangat berkaitan dengan diabetes yang dialami oleh sebagian besar pasien.

Mengatur pola makan secara tidak berlebihan dan olahraga teratur masih menjadi kunci bagi seseorang agar tidak terserang diabetes. Bagi orang-orang yang memiliki orangtua penderita diabetes, kamu harus sedikit waspada. Pasalnya, risiko mereka terkena diabetes melitus menjadi lebih besar dibandingkan dengan orang tanpa keturunan diabetes.

5. Penyebab umum lainnya

Badan Selalu Lemas dan Letih? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Kelelahan dan tubuh terasa lemas bisa disebabkan oleh sebab-sebab umum lainnya, seperti stres, aktivitas terlalu berat, kehamilan, kurang gizi, gangguan tidur, dan mungkin efek samping obat-obatan medis yang dapat menyebabkan kantuk dan lelah. Secara umum, kelelahan akibat beberapa sebab yang ringan mungkin dapat dengan mudah diatasi.

Namun, jika rasa lemas dan letih yang kamu alami terasa sangat intens dan berlebihan, kamu harus segera berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter. Memiliki pola hidup yang sehat dan dapat mengelola stres dengan bijak menjadi salah satu kunci agar fisik dan mentalmu tidak merasa kelelahan.

PELANGIQQ | QQ | POKER | CAPSA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *