BERITA UNIK

Biaya Yang Harus Kamu Kontrol Supaya Gaji Tidak Habis Di Akhir Bulan

Biaya – PelangiQQlounge – Saya membuat thread ini terutama diperuntukan buat mereka yang terkena sindrom tanggal tua, dimana ciri-cirinya yaitu setiap akhir bulan terkena kanker (kantong kering), mulai ditagih hutang ini-itu sama temen, terror dari ibu kosan, dan rentetan hal lain yang menuntut pengeluaran dari dompet kalian yang sudah setipis irisan tempe abang gorengan. Kalau kalian adalah orang yang selalu begitu setiap bulan, sudah saatnya kalian semua berubah dan berbenah diri. Sepertinya ada yang salah dengan perencanaan keuangan kalian. Mumpung masih awal bulan menuju tengah bulan, nih.

Biaya Transportasi

Biaya

Pos biaya transportasi pasti selalu ada di pengeluaran ente per bulan. Terutama bagi ente yang tinggi mobilitasnya atau biasa menempuh jarak jauh, biaya tranportasi pasti jadi top expense kalian. Ente bisa ikuti sedikit trik menghemat transportasi berikut:

Mulai mencari tahu promo transportasi online, seperti bundle promo, kode promo, sampai gift voucher yang kadang dijual lebih murah di platform ecommerce

Pakai BBM standar saja, yakni Premium atau Pertalite
Bagi saya, Pertamax baru jadi kebutuhan saya di kondisi bensin habis tapi sudah telat ngantor, karena antriannya cenderung lebih sepi.

Kecuali tunggangan ente sudah kelas berat atau (hampir) sekelas Hotman Paris, memakai bahan bakar berkualitas super baru menjadi sebuah kebutuhan bahkan kewajiban.

Mix dengan menggunakan moda transportasi umum, seperti KRL, MRT, Transjakarta, atau JakLingko yang merupakan program baru pemda DKI. Di beberapa daerah pinggir kota Jakarta, memang kita bisa naik angkot gratis dengan menggunakan kartu JakLingko.

Makan & Jajan

Selain bermobilitas, makan merupakan salah satu kebutuhan utama semua umat manusia, bukan? Jadi, wajar saja kalau tanpa disadari keuangan ente kritis setiap akhir bulan disebabkan karena biaya ‘mengisi perut’ yang kelewat tinggi. Berikut, kalian coba berbagi tips and trick dalam menghemat biaya terkait kebutuhan pangan.

Memasak sendiri dan bawalah bekal. Selain lebih bersih, berbelanja bahan mentah dan memasak sendiri terbukti lebih murah daripada ente makan diluar.

Porsi diatas gengsi. Sebaiknya, batasi makan di tempat hits dengan harga selangit tapi porsi sedikit karena perut yang masih lapar memicu ente buat jajan lagi setelah makan. Warteg langganan atau rumah makan sederhana (bukan brand Nasi Padang, ya) yang menyediakan menu variatif dengan porsi jumbo dan harga ekonomis adalah pilihan terbaik.

Atur budget mingguan untuk makan & jajan
Kenapa mingguan? Jangka waktu pendek memudahkan ente mengontrol pengeluaran.
Misalnya seminggu budget makan & jajan sebesar IDR 400 ribu. Kalau hari Rabu ente sudah jajan boba seharga selembar uang kertas biru, maka ente harus menyesuaikan budget ente untuk 4 hari kedepan. Di hari-hari berikutnya, ente harus menahan keinginan beli kopi susu yang mahal dan beralih ke kopi tubruk warteg atau kopi minimarket yang lebih irit supaya tidak over budget.

Kesimpulannya, lebih baik kasih uang belanja ke mamah di rumah sekalian bayarin listrik dan LPG nya. (Atau istri, kalau sudah punya)
Ente bisa sekalian berbakti selain berhemat karena bisa bawa bekal masakan mamah.

Komunikasi

Handphone dan kuota internet untuk berkomunikasi via chat maupun sekedar untuk entertainment seperti bermain game online sudah menjadi kebutuhan generasi saat ini. Kalau tidak pintar-pintar mengontrol biaya yang satu ini, dompet ente bisa beneran kering di akhir bulan. Saya ada tips untuk mengontrol dan menghemat biaya komunikasi bulanan ente. Cekidot!

Aktifkan fungsi pembatasan pemakaian data di handphone. Coba liat setting handphone ente dan atur limit pemakaian data maksimal yang ente inginkan. Notifikasi akan muncul untuk memberitahu ente bahwa pemakaian data ente telah mencapai limit yang ditentukan.

Maksimalkan pemakaian WiFi gratis, misalnya di kantor atau kampus ente. Jangan lupa matikan data seluler saat sedang menggunakan WFi gratisan ini.

Memilih provider mantap dengan harga murah tapi berkualitas dan pastinya sinyal kencang. Smartfren bisa jadi salah satu provider pilihan ente. Selain Super 4G Kuota cepat yang anti lemot, pengguna juga bisa memanfaatkan Aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan keuntungan lain seperti menukarkan #SmartPoin dengan berbagai deals menarik, voucher belanja, dan pulsa gratis.

Selain itu, saat ini sedang ada undian #SmartfrenWOW buat kita semua. Undian #SmartfrenWOW tahap ke 3 sudah ada yang menang rumah seharga Milyaran Rupiah, lho! Masih ada rumah, mobil, motor, smartphone Samsung, dan banyak hadiah keren lainnya di periode selanjutnya.  Kumpulkan #SmartPoin yang banyak supaya kesempatan menang ente lebih banyak biar #HepiTerus. Semoga agan dimari, ada yang menang rumah, ya. Lumayan kan buat investasi dan modal berumahtangga.

Biaya Shopping & Hangout

Pos biaya ini bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder dan bisa menjadi prioritas kesekian alias bisa ditunda. Tapi, bagi sebagian besar Millenials dan kaum urban di kota besar seperti Jakarta, istilah TGIF (Thanks God It’s Friday) dan hangout di akhir pekan tentu tak bisa lepas dari gaya hidup mereka dan seolah sudah menjadi kebutuhan primer. Memang gak ada yang salah dengan pergi bersosialisasi dan melepas penat bersama teman setelah berjibaku kerja bagaikan kuda.

Semua terasa baik-baik saja sampai tanpa disadari, kebiasaan hangout ditambah shopping ini bisa menjadi boomerang bagi tercapainya tujuan keuangan para Milenials. (misalnya mengumpulkan biaya membeli rumah) Generasi Kolonial pun tak sedikit yang terlena perkembangan jaman dan terjebak perilaku impulsive shopping alias kalap belanja dan habisin duit. Sebenarnya, kembali lagi kuncinya adalah pada perencanaan budget yang matang dan konsistensi dalam menjalankannya. Sebelum merogoh kocek atau menggesek kartu ente untuk hal-hal hedon, ada baiknya ente renungkan dan jawab dulu dengan jujur pertanyaan ini: Pokeronline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *