BERITA UNIK

Board Game Paling Populer Di Dunia, No 7 Bikin Rusak Pertemanan

PelangiQQlounge – Di era video gaming yang semakin canggih ini, board game atau permainan papan nampaknya tidak ditinggalkan sepenuhnya begitu saja. Karena pada dasarnya board game adalah permainan yang punya sensasi tersendiri ketika memainkannya karena alih-alih terpaku pada layar, dalam board game kita bisa langsung berinteraksi dengan teman-teman atau keluarga ketika memainkannya bersama. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis-jenis board game di dunia ini mulai dari yang klasik hingga modern, dari buatan lokal sampai buatan luar negeri. Nah, berikut ini adalah deretan board game yang paling populer dan terkenal di seluruh dunia.

Board Game Catur

Ya, inilah permainan papan yang sangat populer di seluruh dunia dan disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan kelas atas hingga bawah bahkan orang-orang di kampung yang jaga pos keamanan pun gemar memainkan permainan catur karena mengasah daya pikir para pemainnya. Menurut Wikipedia, catur sudah ada sejak abad ke-7 di India sedangkan aturan pergeralan catur seperti sekarang ini berawal dari abad ke-16 di Spanyol. Saking populernya catur, banyak sekali turnamen bergengsi catur di seluruh dunia dan memasukannya dalam kategori olahraga.

Monopoli

Ini dia papan permainan yang juga sangat terkenal karena keseruannya. Permainan Monopoli pertama kali diproduksi pertama kali oleh pemegang lisensi resmi Parker Brothers pada 1935. Monopoli mengharuskan para pemainnya untuk menguasai selurun petak properti dan membuat lawannya bangkrut karena harus menyewa properti yang dihinggapi. Di Indonesia, permainan ini sangat populer di era 1990an dengan adanya papan Monopoli versi murah yang dijual di toko-toko dan warung.

Ular Tangga

Board Game

Ular Tangga atau dalam Bahasa Inggris Snakes & Ladders ini adalah permainan papan klasik yang sudah ada sejak sekitar tahun 1870. Permainan ini lebih menekankan keberuntungan dan tidak membutuhkan strategi khusus. Hanya tinggal menggerakan bidak menurut angka dadu yang keluar hingga petak finish. Namun, permainan ini juga cukup populer di dunia.

Board Game Ludo

Menurut Wikipedia, versi modern permainan Ludo sudah ada sejak 1896 dan permaian papan ini berasal dari India. Berbeda dengan Ular Tangga yang mengandalkan keberuntungan saja, Ludo dibutuhkan strategi karena pemain harus menggerakan empat bidak sekaligus dan memasukannya ke tempat tujuan setelah mengililingi papan. Kini Ludo populer versi digitalnya di salah satu platform gaming di Android.

Scrabble

Board Game

Pertama kali diproduksi pada 1938, Scrabble adalah permainan papan berbasis kata yang terkenal terutama di Amerika Serikat. Scrabble dimainkan oleh dua sampai empat orang di atas papan permainan dengan 15 kolom dan 15 baris. Pemain akan mengambil tujuh balok berisi huruf dan harus menyusunnya dengan membentuk suatu kata dan pemain akan mengambil balok lagi di dalam kantong yang sudah disediakan. Pemain dengan poin tertinggi menjadi pemenangnya di akhir permainan.

Board Game Cluedo

Board Game

Merupakan permainan papan modern yang diterbitkan oleh Parker Brothers. Dimainkan oleh dua hingga enam orang. Inti permainan ini adalah para pemain akan berperan sebagai detektif dan mencari tahu siapa pembunuh dalam suatu pembunuhan dengan cara mengeliminasi berbagai kemungkinan. Setiap pemain dapat memasuki ruangan dan kemudian membuat dugaan, Setelah membuat dugaan, pemain lain akan berusaha membuktikan kesalahan anda melalui menunjukkan kartu yang anda sebutkan tadi.

Werewolf

Board Game

Nah siapa yang tidak kenal permainan deduksi sosial yang satu ini? Permainan ini diciptakan oleh Dimitry Davidoff pada 1986. Permainannya sangat sederhana di mana para pemain akan berperan dalam role yang sudah ditentukan secara random dan harus mencari siapa yang menjadi Werewolf di mana semuanya saling tidak mengetahui satu sama lain. Permaianan ini menuntut para pemainnya untuk mendeduksi bahkan berpura-pura dan berbohong alias berakting. Pokeronline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *