Buah Jeruk Yang Kaya Akan Manfaat
BERITA UNIK

Buah Jeruk Yang Kaya Akan Manfaat

Pelangi QQ : Buah Jeruk Yang Kaya Akan Manfaat

Apa saja manfaat buah jeruk? Jeruk (Citrus sinensis) adalah salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Buah yang berasal dari Asia Tenggara dan merupakan keluarga dari Rutaceae ini memiliki kandungan antioksidan yang melimpah, sehingga dipercaya mengurangi berbagai risiko penyakit serta digunakan sebagai perawatan kecantikan.

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan senyawa flavonoid hesperitin dan  naringenin di dalam jeruk memiliki efek positif terhadap kanker. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jus jeruk dapat mengurangi risiko leukemia, kanker payudara, hati, dan usus besar. Beberapa manfaat tersebut didapatkan karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sifat antioksidan, serta kualitas antiproliferatif dan antimutageniknya.

Buah Jeruk Yang Kaya Akan Manfaat

Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Manfaat buah jeruk berikutnya dipercaya mencegah terbentuknya batu ginjal.  Jeruk mengandung citric acid and citrates, di mana keduanya telah terbukti mencegah pembentukan batu ginjal. Pasien dengan batu ginjal mungkin diresepkan potassium citrate untuk membantu mengatasi kondisinya, namun kandungan citrates yang ditemukan dalam jeruk tampaknya memiliki efek yang sama. PelangiQQ

Mencegah Penuaan Kulit

Komponen antiinflamasi dan antioksidan dari jeruk membantu mencegah penuaan dengan melawan radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan banyak penyakit degeneratif dan penuaan kulit. Manfaat buah jeruk bisa didapatkan karena vitamin di C di dalam jeruk mendukung pengembangan kolagen yang membuat kulit halus dan elastis.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah jeruk yang satu ini berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Jeruk dipercaya membantu penurunan berat badan dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan lemak darah dan glukosa darah, serta menjaga kesehatan hati.

Buah Jeruk Yang Kaya Akan Manfaat

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jumlah sedang dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi yang cukup dan kualitas diet yang positif. Agen Capsa

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian dini yang paling umum di dunia. Flavonoid—terutama hesperitin—pada jeruk mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung. Studi klinis pada manusia mencatat bahwa asupan jus jeruk setiap hari selama empat minggu memiliki efek pengencer darah dan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Selain itu, kandungan serat dalam jeruk tampaknya juga memiliki peran. Asupan serat terisolasi dari buah jeruk telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah.

Mencegah Anemia

Manfaat buah jeruk yang jarang disadari adalah kemampuannya untuk mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah atau hemoglobin, sehingga menurunkan kemampuannya untuk membawa oksigen. Kondisi ini sering disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi.

Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, jeruk merupakan sumber asam organik yang sangat baik, seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Baik vitamin C dan asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan zat besi tubuh dari saluran pencernaan. Saat dikonsumsi dengan makanan kaya zat besi, jeruk dapat membantu mencegah anemia.

Stroke

Menurut American Heart Association (AHA), kandungan beberapa senyawa yang ada di dalam buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi wanita. Seseorang yang mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah tinggi memiliki risiko stroke iskemik 19 persen lebih rendah dibandingkan perempuan yang sedikit mengonsumsi jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *