Uncategorized

Buah Yang Termasuk Penurun Penyakit Kolesterol

Buah Yang Termasuk Penurun Penyakit Kolesterol

PELANGIQQ Buah Yang Termasuk Penurun Penyakit Kolesterol. Usia yang terus bertambah berpadu dengan pola makan sembarangan, kolesterol biasanya akan jadi tamu tak diundang. Belum lagi tingginya kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, ada beberapa buah penurun kolesterol yang tentu hanya akan bekerja efektif bila diiringi dengan gaya hidup sehat.

Mengonsumsi buah dan sayuran pun tak dibatasi per harinya. Idealnya, menambahkan buah dan sayur di setiap waktu makan justru baik bagi tubuh.

Buah penurun kolesterol

Tidak berlebihan jika menyebut pola makan sangat berhubungan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa buah penurun kolesterol yang bisa dicoba adalah:

Alpukat

Tidak terbantahkan lagi bahwa alpukat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Kandungan lemak tunggal tak jenuh dan serat dalam alpukat bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap harinya memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

Berries

Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan berries membantu menghentikan produksi kolesterol.

Jeruk

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah citrus fruit seperti jeruk dan grapefruit. Tak hanya menjadi sumber vitamin C yang melimpah, namun jeruk juga mengandung substansi yang disebut fitosterol. Kandungan lemak ini sama seperti yang ada di kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran dan ampuh menurunkan kolesterol.

Anggur

Anggur mengandung substansi bernama pterostilbene dan trigliserida yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, kinerjanya bisa sama efektifnya dengan obat penurun kolesterol. Dalam uji laboratorium, kandungan dalam anggur terhadap enzim sama seperti kinerja obat ciprofibrate yang digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Apel

Senada dengan pepatah an apple a day keeps the doctor away, apel juga bisa menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Ada banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam apel yaitu polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

Demikian artikel yang kami rangkum tentang Buah Yang Termasuk Penurun Penyakit Kolesterol. PELANGIQQLOUNGE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *