Uncategorized

Cerdas Baca Peluang, Usaha Peternak Milenial Ini

Cerdas Baca Peluang, Usaha Peternak Milenial Ini. Semangat para peternak milenial untuk tetap eksis mengembangkan usahanya di tengah pandemik Covid-19 patut dicontoh. Memulai usaha sejak di bangku kuliah, Arief dan Dudi berbisnis penggemukan domba. Lulus dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor tahun lalu, mereka mengikuti Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), di mana program ini menyasar kepada generasi milenial yang diinisiasi Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai upaya regenerasi petani. 

1. Arief dan Dudi mengembangkan usaha penggemukan domba

Cerdas Baca Peluang, Usaha Peternak Milenial Ini Tetap Eksis

Dua sekawan ini membentuk kelompok usaha bernama Ar-Raihan Farm. Dengan stimulus sebesar Rp35 juta, mereka mengembangkan usaha penggemukan domba yang berlokasi di Dusun Margamukti, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang dan juga di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Untuk memenuhi kebutuhan pakan hewan, mereka mengelola lahan seluas 1 hektare yang ditanami rumput.

“Melihat potensi pasar yang ada, tidak hanya domba, kami juga menyediakan hewan sapi dan konsumen yang ingin budidaya juga kami sediakan,” ujar Arief ketika dihubungi, Jum’at (5/6). 

2. Usaha yang dijalankan Arief tetap stabil, bahkan memenuhi permintaan hingga Jabodetabek

Arief mengaku walaupun di tengah pandemik Covid-19, usahanya tetap berjalan stabil, 

“Ada saja orang yang membeli untuk aqiqah,” katanya. 

Dalam memasarkan produknya, ia memanfaatkan media sosial hingga berhasil memenuhi permintaan sampai ke Jabodetabek. 

“Menjelang Iduladha ini, kami semakin gencar melakukan promosi,” ungkap Arief. 

3. Generasi milenial semakin cerdas mencari peluang bisnis pertanian

Cerdas Baca Peluang, Usaha Peternak Milenial Ini Tetap Eksis

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selalu menegaskan aktivitas pertanian tidak boleh berhenti. Sektor pertanian mampu menjadi penguat bangsa di tengah pandemik Covid-19. 

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengamini pernyataan SYL. 

“Generasi milenial saat ini semakin cerdas dalam mencari peluang bisnis mereka yang telah terjun dan mencintai dunia pertanian akan semakin menguasai bagaimana mengembangkan pertanian mulai dari hulu sampai hilirnya menjadi peluang bisnis,” pungkas Dedi.

PELANGIQQ | QQ | CAPSA | POKER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *