BERITA UNIK

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Waspada

PELANGIQQ – Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Sementara dunia masih berjibaku dengan COVID-19, Tiongkok melaporkan infeksi virus yang bisa ditularkan dari kutu!

Mengingat sebagian negara sedang mengalami musim panas, kondisi tersebut membuat pergerakan kutu menjadi semakin aktif.

Oleh karena itu, mengingat Indonesia juga disinari sinar matahari sepanjang tahun, kita mesti berhati-hati dengan lima penyakit yang bisa ditularkan lewat kutu berikut ini!

1 . Penyakit Lyme

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Waspada

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), menyebut bahwa penyakit Lyme adalah penyakit menular lewat kutu yang paling banyak dilaporkan. Di Amerika Serikat (AS) sendiri, ada 300.000 kasus yang dilaporkan per tahunnya (ditambah yang kasus yang tidak dilaporkan jumlahnya bisa 8-10 kali lebih banyak).

Penyakit Lyme atau disebut juga sebagai Lyme borreliosis, ditularkan lewat kutu Ixodes scapularis dan Ixodes pacificus yang terinfeksi oleh bakteri Borrelia burgdorferi dan Borrelia mayonii.

2 . Penyakit Powassan

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Waspada

Penyakit Powassan ditularkan lewat kutu Ixodes cookei dan Ixodes scapularis yang terinfeksi virus Powassan (POWV). Termasuk langka, POWV masuk dalam anggota virus yang menyebabkan ensefalitis. Kutu Ixodes cookei sebetulnya jarang menyerang manusia, tapi kamu mesti waspada dengan kutu Ixodes scapularis. AGEN CAPSA

3 . Babesiosis

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Waspada

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Saat digigit kutu, Babesia microti akan menyasar eritrosit agar dapat berkembang. Setelah itu, barulah gejala akan terlihat. Babesiosis dapat menular dari manusia lewat transfusi darah.

BACA JUGA : Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Kebiasaan Kecil

4 . Ehrlichiosis

Dari Kutu Penyakit yang Bisa Ditularkan, Waspada

5 . Anaplasmosis

Sama seperti Lyme, penyakit Anaplasmosis juga ditularkan oleh kutu Ixodes scapularis dan Ixodes pacificus. Bedanya, anaplasmosis disebabkan oleh infeksi bakteri Anaplasma phagocytophilum. Selain disebarkan oleh dua kutu menyebalkan tersebut, anaplasmosis juga dapat ditularkan melalui transfusi darah (meskipun jarang). POKER ONLINE

Sama seperti ehrlichiosis, antibiotik juga bisa digunakan untuk menangani anaplasmosis. Lansia dan orang-orang dengan imunitas yang lemah (seperti AIDS) harus berhati-hati dengan anaplasmosis.

Itulah lima penyakit yang disebarkan melalui gigitan kutu. Membayangkan kutu saja sudah ngeri, apalagi penyakit yang dibawanya! Cegah berbagai penyakit akibat kutu ini dengan cara menjaga kebersihan diri (terutama setelah memegang hewan) dan lingkungan tempat kamu beraktivitas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *