Uncategorized

Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

PELANGIQQ Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu. Astronom, filsuf, matematikawan dan fisikawan hebat, itulah sosok seorang Galileo Galilei. Ia lahir pada tahun 15 Februari 1564 di Toscana, Italia. 

Berkat kontribusinya bagi ilmu pengetahuan seperti penyempurnaan teleskop, hukum dinamika dan pandangannya tentang tata surya membuat ia dijuluki bapak Astronomi observasional dan bapak fisika modern. 

Namun di balik itu semua, ia juga memiliki kisah hidup yang tak banyak orang tahu. Berikut diantaranya. 

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Benua Asia Benua Terbesar

1. Tidak menyelesaikan kuliahnya

Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

Galileo, yang ayahnya adalah pemain kecapi dan ahli teori musik, lahir di Pisa, Italia. Meskipun ayahnya berasal dari keluarga bangsawan, mereka tidak kaya. Sebagai seorang remaja, Galileo mulai belajar di sebuah biara di dekat Florence dan dianggap menjadi seorang biarawan; namun, ayahnya tidak mendukung putranya mengejar kehidupan religius dan akhirnya memindahkannya dari sekolah. Agen Capsa

Ketika ia berusia 16 tahun, Galileo mendaftar di Universitas Pisa untuk belajar kedokteran, atas desakan ayahnya. Namun, sebaliknya, ia menjadi tertarik pada matematika dan mengalihkan fokusnya ke subjek itu. Galileo meninggalkan sekolah pada 1585 tanpa mendapatkan gelar.

Dia melanjutkan studi matematika sendiri dan mendapatkan uang dengan memberikan pelajaran privat sebelum kembali ke Universitas Pisa pada 1589 untuk mengajar matematika.

2. Anak-anak perempuannya merupakan biarawati

Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

Galileo memiliki tiga anak dengan seorang wanita bernama Marina Gamba, yang tidak pernah dinikahinya. Pada tahun 1613, ia menempatkan kedua putrinya, Virginia, lahir pada tahun 1600, dan Livia, lahir pada tahun 1601, di sebuah biara di dekat Florence, di mana mereka menetap selama sisa hidup mereka, meskipun akhirnya ayah mereka bermasalah dengan Gereja Katolik.

Galileo mempertahankan hubungan dekat dengan putrinya yang lebih tua, yang kemudian dikenal sebagai Suster Maria Celeste. Dari dalam biara, dia membuakan makanan dan menjahit untuk ayahnya tersebut.

Sedangkan putra Galileo, Vincenzo, lahir pada 1606, belajar kedokteran di Universitas Pisa, menikah dengan baik dan tinggal di Florence hingga dewasa.

3. Galileo dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Inkuisisi Romawi

Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

Teori heliosentris Copernicus tentang cara kerja alam semesta menantang kepercayaan yang diterima secara luas pada masa itu, yang menempatkan Bumi sebagai pusat tata surya. Pada 1616, Gereja Katolik menyatakan teori Copernicus sesat karena dianggap bertentangan dengan ayat-ayat Alkitab tertentu.

Galileo mendapat izin dari Gereja untuk terus menyelidiki ide-ide Copernicus, asalkan dia tidak memegang atau membelanya. Pada 1632, ia menerbitkan “Dialogue of the Two Principal Systems of the World.”  Meskipun disajikan sebagai diskusi antara teman-temannya tentang ide-ide Ptolemy dan Copernicus, buku itu dipandang mendukung model alam semesta Copernicus.

Akibatnya, tahun berikutnya Galileo diperintahkan untuk diadili di hadapan Inkuisisi di Roma. Setelah dinyatakan bersalah karena melakukan hal bidah, Galileo dipaksa untuk secara terbuka bertobat dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

4. Dia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya sebagai tahanan rumah

Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

Meskipun Galileo diberi hukuman di balik jeruji besi, hukumannya segera diubah menjadi tahanan rumah. Dia menjalani tahun-tahun terakhirnya di Villa Il Gioiello (Permata), rumahnya di kota Arcetri, dekat Florence.

Meski dilarang melihat teman atau menerbitkan buku, ia tetap menerima pengunjung dari seluruh Eropa, termasuk filsuf Thomas Hobbes dan penyair John Milton. Selain itu, ia berhasil menyelundupkan naskah untuk sebuah karya baru, “Discourses and Mathematical Demonstrations Concerning Two New Sciences,” tentang fisika dan mekanika.

Buku itu, yang terakhir dari Galileo, diterbitkan di Belanda pada tahun 1638. Pada tahun yang sama, Galileo menjadi buta. Dia meninggal pada 8 Januari 1642, pada usia 77 tahun.

5. Jari tengahnya dipajang di sebuah museum

Setelah Galileo meninggal, dia dimakamkan di kapel samping gereja Santa Croce di Florence. Hampir seabad kemudian, pada tahun 1737, ketika jasad ilmuwan dipindahkan ke tempat pemakaman di basilika Santa Croce tiga jarinya, bersama dengan tulang belakang dan gigi, dikeluarkan dari mayatnya.

Dua jari Galileo, bersama dengan giginya, disimpan oleh salah satu pengagumnya dan diwariskan turun-temurun oleh kerabatnya. Barang-barang itu diperkirakan hilang sekitar awal 1900-an. Namun, pada tahun 2009, dua jari dan gigi muncul di pelelangan dan dimiliki oleh seorang kolektor pribadi.

Menurut dokumentasi sejarah, para ahli kemudian menyimpulkan bahwa bagian-bagian tubuh itu adalah benar milik Galileo. Sementara itu, jari ketiga yang diambil dari sisa-sisa Galileo – jari tengah tangan kanannya – telah disimpan di berbagai museum di Italia sejak paruh pertama tahun 1800-an. 

Sedangkan tulang punggungnya berakhir di Universitas Padua, tempat Galileo mengajar dari 1592 hingga 1610. Poker Online

6. NASA menamai pesawat ruang angkasa dengan nama Galileo

Pada tahun 1989, NASA dan tim dari Jerman meluncurkan pesawat ruang angkasa bertuliskan nama Galileo dari teluk kargo pesawat ulang-alik Atlantis. Setelah tiba di Jupiter pada 1995, pesawat ruang angkasa Galileo menjadi yang pertama mempelajari planet dan bulan-bulannya untuk waktu yang lama.

Wahana antariksa itu menemukan bukti air asin di bawah permukaan tiga bulan Jupiter, Europa, Callisto, dan Ganymede, dan memberikan informasi tentang aktivitas vulkanik di salah satu dari bulan di planet itu.

Pada tahun 2003, misi tersebut berakhir ketika NASA sengaja menabrakkan pesawat ruang angkasa ke Jupiter untuk menghilangkan risiko Galileo bertabrakan dengan Europa dan mencemari kehidupan potensial di sana.

7. Vatikan tidak mengakui hak-hak Galileo sampai tahun 1992

Pada tahun 1979, Paus Yohanes Paulus II memulai penyelidikan atas kecaman Gereja Katolik atas Galileo. Tiga belas tahun kemudian, dan 359 tahun setelah Galileo diadili oleh Inkuisisi, paus secara resmi menutup penyelidikan dan mengeluarkan permintaan maaf resmi dalam kasus ini, mengakui bahwa kesalahan dibuat oleh para hakim selama persidangan.

Itulah tujuh fakta unik yang tak banyak orang tahu tentang ilmuan besar asal Italia tersebut, Galileo Galilei. Fakta Galileo Galilei Tak Banyak Orang Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *