BERITA UNIK

5 Kebiasaan Ini Sebabkan Kerusakan Ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dengan membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal, menghilangkan kelebihan air, dan mengontrol kadar mineral penting dalam darah. Tanpa ginjal yang sehat, bukan hanya berbagai aktivitas penting dalam tubuh akan terganggu, tapi juga meningkatkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya dengan menghentikan kebiasaan buruk yang memicu kerusakan ginjal, seperti beberapa kebiasaan berikut ini.

1. Terlalu sering mengonsumsi makanan kemasan

Sebagian besar makanan olahan mengandung natrium dalam jumlah besar, yang memiliki dampak buruk bagi jantung dan ginjal. Ketika tubuh mendapatkan terlalu banyak asupan garam, tubuh perlu mengeluarkan natrium saat buang air kecil dan meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Padahal, tingginya jumlah kalsium dalam urin akan meningkatkan risiko batu ginjal.

Untuk menghindari risiko batu ginjal, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan tiap individu untuk membatasi asupan natrium pada 2.300 miligram per hari

2. Menyepelekan tekanan darah tinggi

Pada dasarnya, ginjal adalah satu kesatuan besar pembuluh darah dengan saluran kemih. Saat kamu mengalami tekanan darah tinggi di pembuluh darah besar, kamu juga akan memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh darah kecil. PELANGIQQ

Menurut laman The Healthy, membiarkan tekanan darah tinggi tidak terkendali dapat merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal, dan melukai serta mengganggu fungsi ginjal.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan

3. Merokok

Rokok telah lama dikaitkan sebagai faktor penyebab berbagai masalah kronis pada organ tubuh manusia, salah satunya ginjal. Satu studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention menemukan bahwa menghentikan kebiasaan merokok selama 16 tahun atau lebih dapat mengurangi risiko karsinoma sel ginjal sebesar 40 persen.

Selain itu, merokok dapat merusak pembuluh darah, dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko terjadinya kerusakan ginjal. AGENCAPSA

4. Kurang minum

Kebiasaan menahan haus dan minum sedikit cairan dapat membahayakan ginjal. Sebab, menurut National Kidney Foundation, tidak cukup minum air dapat menyebabkan kurangnya cairan untuk membilas sistem agar kadar natrium tetap terjaga dan bersih dari limbah. Juga, tubuh yang dehidrasi akan lebih sulit menjaga tekanan darah.

Padahal, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ginjal sangat sensitif terhadap aliran darah. Sehingga, dehidrasi akan menyebabkan tekanan darah turun dan aliran darah ke ginjal ikut turun yang jika diabaikan berisiko menyebabkan ginjal bermasalah.

5. Makan berlebihan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang terkena penyakit ginjal. peran penting masalah insulin dari diabetes tipe 1 dan tipe 2 menyebabkan peradangan dan jaringan parut di ginjal. Untuk itu, orang dengan diabetes perlu memeriksakan fungsi ginjal dan urinnya secara teratur. POKERONLINE

Mengingat ginjal memiliki fungsi penting bagi kelangsungan hidup, maka kita perlu menjaga kesehatan ginjal agar tetap dapat berfungsi secara optimal, salah satunya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas yang dapat merusak fungsi ginjal.

Baca Juga: 11 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Ginjal, Ada Kesukaanmu?

peran penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *