Jangan Sepelekan Luka Walau Berukuran Kecil
BERITA UNIK

Jangan Sepelekan Luka Walau Berukuran Kecil

Jangan Sepelekan Luka Walau Berukuran Kecil

Jangan Sepelekan Luka Walau Berukuran Kecil

PelangiQQLounge – 5 Cara Menangani Luka Permasalahan kesehatan paling umum bukanlah terkena penyakit, melainkan terluka. Dalam Instagram Live yang diadakan oleh Hansaplast Indonesia pada hari Jumat (11/9/2020), disebutkan bahwa setidaknya 70 persen orang terluka dalam kehidupan sehari-hari.

Disebutkan juga bahwa 42 persen luka didapat saat sedang melakukan perjalanan (seperti saat berkendara), 36 persen saat di rumah, dan 5 persen saat di sekolah.

Terjadinya luka, apalagi yang berukuran kecil, sering disepelekan. Namun, yang namanya luka tetap harus ditangani segera, mengingat luka bisa bertambah besar. Lewat acara tersebut, dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS yang merupakan dokter spesialis luka pertama di Indonesia membicarakan tentang cara mengatasi luka dengan ditemani artis Tasya Kamila. 

Berikut 5 Cara Menangani Luka Tubuh, Jangan Sepelekan Walau Berukuran Kecil

1. Tidak semua permasalahan pada kulit adalah luka

5 Cara Menangani Luka Tubuh, Jangan Sepelekan Walau Berukuran Kecil

Banyak orang yang datang ke dokter mengeluhkan mengalami luka, mengingat ada permasalahan pada kulitnya, seperti bintik merah dan lainnya. Padahal bintik merah tidak bisa diartikan sebagai luka dalam dunia medis.

5 Cara Menangani Luka Tubuh, Jangan Sepelekan Walau Berukuran Kecil

Dokter Adi, begitu dr. Adisaputra biasa disapa, mengartikan luka sebagai rusaknya jaringan pada kulit yang dapat memberikan kontinuitas hingga jaringan lainnya. Itu artinya, luka dapat melebar hingga ke mana-mana jika penanganan pertamanya lambat dan tidak akurat

2. Rasa sakit adalah tanda keberadaan dari luka

5 Cara Menangani Luka Tubuh, Jangan Sepelekan Walau Berukuran Kecil

Berbicara tentang luka, bayangan paling umum yang ada di kepala adalah rasa sakit. Seperti yang diutarakan oleh Tasya tentang anaknya yang akrab disapa Arrasya, ibu muda tersebut menanyakan kepada dr. Adi tentang bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa perih akibat luka.

Selanjutnya dokter yang dijuluki “dokter luka” ini menjelaskan bahwa tidak ada luka yang tidak terasa perih. Rasa perih itu merupakan tanda adanya sesuatu yang tidak beres dalam tubuh kita. Untuk urusan luka, hal itu terjadi dikarenakan jaringan kulit dalam kita ada banyak hingga menjadikannya sangat sensitif.

3. Rasa perih atau sakit bisa dikurangi dengan penggunaan antiseptik PHMB

5 Cara Menangani Luka Tubuh, Jangan Sepelekan Walau Berukuran Kecil

Rasa sakit atau perih dari luka memang tak bisa dihindari. Namun, intensitasnya bisa dikurangi dengan memberi pertolongan pertama yang benar. Dokter Adi menyarankan bahwa luka yang ada, walau sekecil apa pun, segera dibersihkan menggunakan antiseptik yang memiliki embel-embel PHMB. Apa itu? Agen Capsa

PHMB, atau dikenal sebagai polyhexanide (polyhexamethylene biguanide), adalah senyawa kimiawi yang sering terdapat dalam disinfektan dan antiseptik. Dalam artikel Wounds Research, terdapat penjelasan bahwa PHMB mempunyai kemampuan membunuh dan membersihkan bakteri yang menempel di luka tanpa memberikan efek berlebih pada tubuh manusia.

4. Untuk membersihkan luka, kamu bisa memulainya dengan membilasnya dengan air yang mengalir

Ada beberapa saran dari dr. Adi tentang pertolongan pertama menangani luka. Hal pertama adalah dengan membersihkannya dengan air mengalir. Setelah itu, keringkan luka tersebut dan bersihkan lagi dengan antiseptik PHMB sebelum diberikan pelindung plester agar luka tidak lagi kotor.

5. Luka yang terus berdarah baiknya segera dibawa ke dokter

Tasya menanyakan lebih lanjut tentang luka seperti apa yang harus segera diperiksakan ke dokter. Poker Online

Pertolongan pertama menangani luka berdarah adalah dengan cara ditekan. Dengan cara itu, seharusnya perdarahan bisa berhenti. Bila tidak, ditakutkan ada pembuluh darah besar yang ikut rusak. Itulah kenapa luka tersebut sebaiknya mendapat penanganan dari dokter.

BACA JUGA : Tips Menjaga Kesehatan Mental Jika Kamu Highly Sensitive Person

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *