BERITA UNIK

Jenis dan Varietas Jeruk Lemon di Dunia

PelangiQQ – Jenis dan varietas jeruk lemon, Berbagai jenis lemon berhasil dibudidayakan dan tersebar di seluruh dunia. Pada dasarnya, rasa lemon tersebut sama-sama asam. Namun beda varietas akan menghasilkan daging, penampilan, dan tingkat keasaman yang berbeda juga.

Berikut Beberapa Jenis dan Varietas Jeruk Lemon di Dunia :

1. Lemon Avalon/ Avon

Lemon ini berasal dari Florida. Sifatnya mirip dengan lemon lain, terutama jenis Eureka dan Lisbon. Di berbagai supermarket, produk lemon ini biasa dipajangkan sebagai jus konsentrat.

2. Lemon Baboon

Varietas lemon baboon berasal dari Brasil. Penampilan kulitnya berwarna kuning cerah. Ada pun rasanya mendekati jeruk nipis atau lime. Biasanya kulit dan pulpa lemon ini dimanfaatkan untuk pembuatan jenis saus, termasuk saus barbaque dan pasta.

3. Lemon Bearss

Sebenarnya lemon ini datang dari Italia. Namun varietas ini sudah tidak ada, sehingga budidayanya dipindahkan ke Florida. Pulpanya kaya air. Sementara kulitnya mengandung banyak minyak lemon.

4. Lemon Tangan Buddha/ Jeruk Jari Buddha

Lemon unik ini berasal dari dataran rendah Himalaya. Di beberapa negara Asia, lemon ini dikenal sebagai Finger Citron atau Sitrun Jari. Bentuknya memang mirip jari-jemari.

Lemon istimewa ini biasanya digunakan sebagai persembahan candi. Biasanya menjadi lambang nasib baik dan kebahagiaan bagi budaya Tiongkok. Poker

5. Lemon Bush

Lemon berbentuk khas ini berasal dari daerah subtropis Australia. Kadang-kadang lemon ini disebut sebagai lemon kasar. Sebab kulitnya memang keras, tebal, dan tampak kasar. Lemon ini tidak memiliki sari yang kaya. Namun dagingnya menghasilkan rasa yang sangat kuat, sehingga bisa dijadikan tambahan untuk ragam hidangan.

6. Lemon Sitrun

Lemon ini berasal dari Himalaya dan India. Varietas ini dipandang sebagai lemon besar. Betapa tidak, bobotnya saja mencapai 3,6-4,5 kg.

Jenis dan Varietas Jeruk Lemon di Dunia

7. Lemon Dorshapo

Kultivas lemon asal Brasil ini sudah dikembangkan sejak tahun 1914. Ada pun nama ‘Dorshapo’ diambil dari tiga penjelajah, yang sudah berperan mengembangkan lemon ini. Merek adalah Dorsett, Shamel, dan Popenoe. Bila dibandingkan dengan lemon lain, rasa lemon dorshapo dinilai tidak begitu asam.

8. Lemon Eureka

Lemon yang cenderung manis ini berasal dari Amerika. Namun kini sudah tersebar luas ke benua lainnya. Lemon ini merupakan hasil panen dari pohon yang tanpa duri.

Dulu, sekitar tahun 1858, varietas ini awalnya dibudidayakan di Los Angeles, California. Lalu pada tahun 1877, Thomas Garey yang seorang ahli hortikultura, ikut menyebarkan lemon ini.

9. Lemon Femminello

Femminello merupakan satu dari sekian kultivar lemon tertua yang ada di Italia. Ukurannya sedang. Varietas ini banyak ditanam dan hampir mengisi tiga perempat dari produksi lemon tahunan di negaranya. Rasanya lebih asam dan kulitnya tebal.

10. Lemon Fino Citron

Sebenarnya varietas ini tidak begitu populer, sebab tumbuhnya pada pohon yang berduri besar. Tetapi pulpanya memang memproduksi jus atau sari buah yang bagus. Jenis ini lemon ini berukuran cukup kecil, namun tingkat rasa keasamannya cukup besar.

11. Lemon Citron Yunani

Sesuai namanya, budidaya perdana lemon ini memang berlangsung di Yunani sekitar 500 SM. Orang-orang kadang menyebutnya sebagai Corfu Etrog atau cukup Etrog. Lemon Citron Yunani kemudian jadi bahan ekspor ke negara Eropa. Biasanya dimanfaatkan sebagai persembahan buah, khususnya dalam ritual Succoth khas Yahudi.

12. Lemon Interdonato

Ini dia kultivar lain dari lemon Italia. Mayoritas varietas lemon ini terdapat di Pulau Sisilia. Ukuran lemon ini cukup besar. Dagingnya hampir tanpa biji dan kulitnya begitu halus. Meski demikian, lemon ini biasanya kurang bagus untuk dijadikan jus. Capsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *