BERITA UNIK

Jenis Tanaman Hias Dalam Botol Air

PelangiQQ – Jenis tanaman hias dalam botol air, Tanaman dalam botol air. Banyak orang, mungkin termasuk anda, yang tertarik dengan media tanam botol. Pasalnya, anda kemungkinan tidak mengalami ‘musibah besar’ ketika merawat tanaman hias.

Musibah tersebut yakni kelebihan penyiraman atau justru kekurangan penyiraman. Selain itu, teknik ini juga cenderung mudah dan murah.

Berikut Beberapa Jenis Tanaman Hias Dalam Botol Air :

1. Bambu Keberuntungan

Dracaena sanderiana adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Asparagaceae, asli Afrika Tengah. Dikenal pertama kali setelah dinamai oleh tukang kebun Jerman-Inggris Henry Frederick Conrad Sander (1847-1920).

Tanaman ini umumnya dipasarkan dengan nama lucky bamboo atau “bambu keberuntungan”. Tanaman ini telah menjadi tanaman indoor paling populer di beberapa bagian India, di mana tanaman tersebut biasanya diimpor dari Cina dan Taiwan.

2. Tanaman Zebrakraut (Wandering Jew)

Ketika menanam tanaman menggantung, cara termudahnya yaitu dengan membiarkannya mengakar pada air. Anda cukup membuat steknya tenggelam dalam botol air.

Daunnya biarkan saja tumbuh ke luar, jangan sampai ikutan tenggelam juga. Sebab daun tersebut bisa membuat akar batang jadi membusuk. Sebaiknya pilih area yang terkena cahaya matahari.

3. Jade Plant/ Money Plant/ Lucky Plant

Tanaman ini memiliki julukan sebagai tanaman keberuntungan atau tanaman uang. Sebab sukulen atau tanaman berair ini dipercaya bisa mengundang keberuntungan atau nasib baik.

Tetapi perawatan tanaman ini justru tidak begitu sulit. Hanya saja, tanaman jade tumbuh lebih baik pada media tanah. Poker

4. Paperwhite

Tanaman ini tumbuh dari umbi. Sehingga sesuatu yang dibutuhkannya yaitu air. Kalau ditanam pada tanah, tanaman ini juga memerluka kerikil agar hasilnya bisa menciptakan gugusan bunga yang indah.

Ketika menanamnya dalam air, sebaiknya anda memberi perhatian penuh. Jika air terlalu banyak atau tinggi, bukan tidak mungkin tanaman justru akan membusuk.

Tanaman Hias Dalam Botol Air

5. Basil

detail view of herbs garden

Tanaman ini kadang dikenal juga sebagai selasih. Anda bisa menempatkannya di jendela dapur. Hawa hangat juga membantunya berkembang dengan baik. Begitu tumbuh sehat, anda bisa memanfaatkannya sebagai pelengkap sajian omelet atau pizza.

6. Sage

Mirip seperti basil, sage pun tumbuh dengan mudah dalam hitungan mudah. Anda tinggal menjaga agar airnya tetap bersih dan pasokan cahayanya cukup. Pasalnya, jamur cenderung mudah tumbuh jika media tanam tidak terawat.

7. Thyme

Anda cukup meletakkan beberapa batang bertunas thyme ke dalam air. Tanaman ini tidak hanya eksis sebagai penghias. Lebih dari itu, thyme juga bisa menjadi pelengkap dalam seduhan teh dan masakan.

Bahkan anda bisa memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk masalah pencernaan dan demam.

8. Bayam

Anda tidak perlu pergi ke pasar atau menanti-nanti tukang sayur lewat, jika bisa menanam sayuran sendiri. Entah itu selada, bok choy, dan bayam. Apalagi kalau anda tidak harus melakukan perawatan ekstra, cukup dengan menyediakan air sebagai media.

9. Lemon Balm

Cukup letakkan beberapa batang lemon balm yang segar ke dalam wadah air. Namun sebelum daunnya tumbuh, sebaiknya anda simpan dulu di luar (outdoor). Setelah itu, anda bisa membawanya ke dalam dan membiarkannya menguarkan aroma lemon serta min yang segar. Sesekali, anda juga bisa menyeduhnya sebagai teh herbal.

10. Arrowhead/ Syngonium

Nama ‘arrowhead’ diambil karena bentuknya menyerupai panah. Tanaman ini mampu hidup dalam air, karena habitat aslinya memang ada di rawa atau kolam. Oleh karena itu, tanaman ini sudah akrab dengan tempat yang teduh dan lembap.

Anda bisa menanamnya di ruangan yang memiliki pencahayaan sedang atau rendah, lengkap dengan kerikil, agar akarnya menancap dengan mantap. Jika berencana menanamnya untuk jangka panjang, sebaiknya anda menggunakan media tanah. Capsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *