BERITA UNIK

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Jangan Disepelekan

PELANGIQQ – Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Kentut adalah produk sampingan dari sistem pencernaan dan aktivitas memproses makanan dan nutrisi. Gas dan udara menumpuk di saluran pencernaan saat kamu makan, mengunyah, dan menelan yang kemudian dilepaskan sebagai kentut atau serdawa.

Jadi, kentut beberapa kali tiap hari adalah hal yang baik karena penumpukan gas dapat menyebabkan kembung yang tidak nyaman. Walaupun begitu, tidak berarti kamu bisa sepenuhnya mengabaikan kentut. Memperhatikan frekuensi, bau, dan gejala pencernaan lainnya dapat memberi petunjuk pada tubuh seputar kondisi kesehatan yang berpotensi serius.

BACA JUGA : Manfaat Menelan Sperma Bagi Perempuan, Mitos atau Fakta?

Dirangkum dari Health dan Reader’s Digest, berikut ini adalah kentut yang harus diperhatikan karena bisa jadi tanda adanya masalah pada tubuh.

1 . Sering kentut dan sembelit

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Jangan Disepelekan

Pada dasarnya, serat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, tapi makan terlalu banyak serat justru bisa memicu gangguan pencernaan. Jika kamu makan serat berlebihan, ini bisa menyebabkan gas, kembung, kram, dan sembelit.

Itu karena serat menggembung dan memperkuat tinja. Jadi, jika kamu makan terlalu banyak serat, ini bisa mempersulit gerakan usus untuk mengeluarkan tinja. AGEN CAPSA

2 . Kentut disertai diare

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Jangan Disepelekan

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Sindrom iritasi usus besar (IBS) merupakan kondisi serius yang memengaruhi usus besar. Pada kondisi ini, kontraksi otot terkoordinasi yang membuat makanan bergerak dari perut ke rektum mungkin lebih kuat, atau bertahan lebih lama, yang menyebabkan gas, kembung, dan diare.

3 . Kentut sepanjang waktu

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Jangan Disepelekan

Minuman berkarbonasi, seperti seltzer, soda, dan bir dapat memasukkan lebih banyak udara dan gas ke dalam saluran pencernaan yang meningkatkan frekuensi kentut, utamanya jika kamu menyesapnya sepanjang waktu. Sebagai solusinya, coba kurangi konsumsi minuman berbuih.

BACA JUGA: 10 Manfaat Memelihara Anjing bagi Manusia

4 . Kentut sangat bau

Kentut Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan, Jangan Disepelekan

Secara alami, kentut tidak berbau menyengat. Jika kentut benar-benar berbau, ini disebabkan karena makanan tinggi sulfur yang kamu konsumsi. Makanan tinggi belerang, seperti brokoli dan kubis, saat diuraikan dalam sistem pencernaan akan mengeluarkan bau busuk yang sangat mengganggu hidung.

5 . Kentut berbau tidak sedap dan perut terasa tidak nyaman

Kentut yang disertai sakit perut atau rasa tidak nyaman setelah makan dapat menjadi indikasi intoleransi makanan. Misalnya, kamu mengalami perut kram dan kembung disertai kentut berlebihan dan berbau tidak sedap sesaat setelah kamu minum susu atau makan keju. POKER ONLINE

Kondisi tersebut bisa jadi indikasi bahwa kamu mengalami intoleransi laktosa, yang artinya tubuh tidak menyerap laktosa hingga laktosa sampai ke usus kecil tempat bakteri menguraikannya dan melepaskan kentut yang berbau busuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *