BERITA UNIK

Khasiat Asam Gelugur Turunkan Berat Badan

PelangiQQ – Khasiat asam gelugur turunkan berat badan, Asam gelugur atau asam potong dapat dikonsumsi mentah maupun jadi bagian olahan masakan atau asinan. Buah dengan nama lain Garcinia atroviridis ini berwarna mulai dari kuning hingga oranye. Manfaat asam gelugur mulai dari mencegah serangan jantung hingga membantu menurunkan berat badan.

Sejak dulu, tanaman yang masih satu rumpun dengan asam kandis ini telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif. Meski demikian, tentu mengonsumsinya harus bijak karena tidak diketahui pasti berapa dosis yang dianggap aman untuk dikonsumsi.

Buah dengan rasa asamnya yang khas ini banyak tumbuh di Malaysia, Thailand, dan juga India. Pohonnya bisa tumbuh hingga 20 meter, dengan daun berwarna hijau tua.Bagian yang paling sering dimanfaatkan adalah buahnya yang berwarna kuning kehijauan.

Ketika matang, buahnya akan diiris dan dikeringkan. Rasanya yang asam membuat tanaman ini kerap digunakan sebagai perasa masakan atau olahan asinan, mirip seperti asam jawa.

Berikut Khasiat Asam Gelugur Turunkan Berat Badan :

1. Sumber antioksidan

Ekstrak buahnya merupakan sumber alami antioksidan yang mengandung flavonoid serta phenolic. Tak hanya itu, tanaman ini juga dipercaya memiliki manfaat antikolinesterase yang dapat mencegah penurunan fungsi kognitif manusia. Umumnya, obat dengan cara kerja seperti ini digunakan untuk mengobati Alzheimer.

Menurut penelitian, sumber antioksidan tertinggi ada pada bagian daun ketimbang batangnya. Utamanya, apabila ekstrak daun diolah dengan air. Kandungan phenolic di dalamnya menjadikannya kaya akan antioksidan.

2. Menurunkan berat badan

Salah satu fungsi yang membuat asam gelugur populer adalah dapat menurunkan berat badan. Di dalamnya terdapat acid hydroxyl citric yang bisa meningkatkan pelepasan hormon serotonin sehingga dapat menekan rasa lapar.

Tak hanya itu, HCA ini juga dapat menghambat kinerja enzim pembuat lemak, utamanya dari konsumsi karbohidrat dan makanan yang mengandung gula. Secara tradisional, cara konsumsinya adalah dengan minum air rebusannya.

Meski demikian, manfaat ini belum terbukti pasti secara ilmiah. Masih perlu penelitian lebih lanjut yang lebih detail. Capsa

3. Antimikroba dan antijamur

Ekstrak akar asam gelugur merupakan bagian yang memiliki manfaat antimikroba paling tinggi yaitu melawan Bacillus subtilis. Namun pada beberapa penelitian, reaksi terhadap beberapa jenis mikroba dan jamur bisa berbeda. Benang merahnya, ekstrak dari tanaman ini aktif bereaksi terhadap bakteri gram-positive dan gram-negative.

Beberapa aktivitas yang terdeteksi adalah melawan jamur seperti Candida albicans dan Saccharomyces cerevisiae.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *