Khasiat Dari Talas Untuk Kesehatan Tubuh
BERITA UNIK

Khasiat Dari Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Pelangi QQ : Khasiat Dari Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Taro adalah umbi yang dikenal juga dengan talas. Di Indonesia, tanaman jenis ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Selain itu, di beberapa daerah juga digunakan sebagai makanan tradisional. Lantas, adakah manfaat umbi taro untuk tubuh?

Memperlancar pencernaan

Kandungan taro cukup banyak karbohidrat kompleks, itulah kenapa makanan ini baik sekali untuk pengganti nasi putih. Selain itu, taro juga mengandung cukup banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh agar saluran pencernaan bisa berjalan dengan lancar

Dengan mengonsumsi taro dalam jumlah yang cukup, kondisi sembelit atau sejenisnya tidak akan terjadi. Selama ini sembelit sering menjadi masalah yang cukup mengganggu pada anak-anak, orang tua, dan wanita yang sedang hamil.

Membantu menurunkan gula darah

Salah satu kandungan taro yang sangat unggul adalah serat. Kandungan seratnya yang tinggi cocok untuk penderita diabetes atau siapa saja yang memiliki risiko diabetes dari orang tua bisa mengonsumsi taro dalam jumlah yang cukup. Taro bisa dikonsumsi sebagai camilan atau total untuk mengganti nasi.

Khasiat Dari Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Serat di dalam taro bekerja untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki taro bisa digunakan untuk sumber energi yang cukup besar.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Serat yang terdapat di dalam taro bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol LDL di dalam darah. Dengan memiliki serat terlarut yang banyak LDL yang berlebihan bisa diserap lalu ikut dibuang bersama dengan feses. Efek ini akan mengurangi penebalan dinding pembuluh darah.

Kalau aliran darah bisa meningkat dengan baik, peluang terjadi gangguan di jantung akan rendah. Selama ini jantung mengalami gangguan karena pembuluh darah dari dan ke jantung ada penebalan di pembuluh darah.

Memiliki komponen anti kanker

Berdasarkan percobaan yang dilakukan pada hewan, taro diketahui mampu membunuh sel kanker khususnya kanker prostat dan payudara. Kandungan polifenol di dalam taro bekerja sebagai antioksidan yang bisa membunuh radikal bebas dengan cepat.

Efek pada manusia yang berkaitan dengan kanker memang belum diketahui. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba taro karena efek lain yang didapat juga sangat besar. Agen Capsa

Menurunkan berat badan

Taro mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini bermanfaat untuk memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu, manfaat taro yaitu bisa menurunkan berat badan secara signifikan jika dkonsumsi secara rutin. Anda tidak akan mengalami kelebihan atau surplus kalori.

Baik untuk kesehatan perut

Serat yang dimiliki oleh taro bisa meningkatkan pergerakan usus. Dampaknya kondisi sembelit tidak akan terjadi karena buang air besar berjalan dengan sangat lancar. Perut kembung, begah, dan keras tidak akan terjadi.

Baik untuk diet khusus diabetes

Manfaat umbi taro yang terakhir adalah mudah ditambahkan ke berbagai jenis diet. Umbi ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan cocok untuk hampir semua jenis diet kecuali ketogenic. Kalau Anda menjalani diet khusus untuk penderita diabetes yang minim karbohidrat sederhana, taro bisa digunakan. PelangiQQ

Kalau Anda menjalani diet vegetarian atau sejenisnya, taro bisa digunakan sebagai pengganti nasi yang sehat. Kandungan seratnya yang tinggi bisa digunakan untuk membuat tubuh kenyang lama, menjaga inflamasi di saluran cerna, dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *