BERITA UNIK

Koin Emas Dilelang, Ditaksir Rp 28 M

Koin Emas Dilelang, Ditaksir Rp 28 M

PelangiQQLounge – Koin Emas Dilelang, Ditaksir Rp 28 M

Rumah lelang Morton & Eden yang berbasis di London, Inggris bakal membuka bursa lelang pada 24 Oktober nanti. Ada yang menarik dari lelang kali ini.

Salah satu barang yang dilelang nanti memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, terutama bagi umat Islam. Barang itu adalah satu keping koin emas bertuliskan lafal syahadat.

Memiliki ketebalan sekitar 20 milimeter, koin emas ini ditaksir seharga antara 1,4 hingga 1,6 juta pounsterling, setara Rp24,5 miliar hingga Rp28 miliar. Nilainya sangat mahal karena koin yang lebih dikenal sebagai dinar itu sangat diinginkan para kolektor.

” Dinar ini paling dicari dari semua koin masa awal (kekuasaan) Islam dan merupakan yang terbaik yang diinginkan para kolektor koin Islam awal,” ujar spesialis koin Islam dari Morton & Eden, Stephen Lloyd, dikutip dari Agen Capsa.

Ada beberapa alasan yang menjadi sebab koin ini sangat mahal. Alasan pertama, ini adalah dinar masa kekuasaan Dinasti Umayyah sejak 105 Hijriah atau 723 Masehi. Sehingga koin ini tergolong dinar terlangka yang bisa ditemukan saat ini.

Koin Emas Dilelang

Baca Juga : Pantai Terkenal Hilang Ditelan Samudra

Alasan kedua, terdapat tulisan ‘Ma’din Amir Al Mu’minin‘ yang artinya ‘Tambang Amirul Mukminin’. Artinya, dinar ini dibuat dari bahan baku emas yang diambil dari tambang milik Khalifah sendiri.

Sedangkan alasan lainnya yaitu adanya kata ‘bi’l-Hijaz‘ di belakang tulisan ‘Ma’din Amir Al Mu’minin’. Alasan inilah yang menjadi faktor utama koin tersebut diburu banyak kolektor sehingga harganya sangat mahal.

Kata ‘bi’l-Hijaz‘ menegaskan lokasi tambang yaitu di Hijaz. Tambang itu berada di bagian barat Arab Saudi, di antara Mekah dan Madinah. Poker Online

Berdasarkan catatan sejarah, tambang milik Khalifah di Hijaz sebelumnya milik seseorang. Pemilik pertama tambang itu kabarnya mendapatkan tanah langsung dari Rasulullah Muhammad SAW.

Pada dasarnya, dinar ini merupakan koin emas Islam pertama yang menyebutkan nama lokasi di Arab Saudi. Selain itu, juga merupakan koin paling awal yang digunakan di kawasan Teluk.

Lloyd menambahkan sejauh ini koin emas itu hanya tersisa satu lusin. Kebanyakan sudah disimpan sebagai koleksi pribadi ataupun menjadi koleksi museum.

” Ini hanyalah spesimen kedua yang pernah ditawarkan pada lelang publik,” kata Lloyd.

Koin yang lain, kata Lloyd, sudah dilelang oleh pelelang spesialis pada 2011. Saat itu, dinar tersebut terjual pada harga 3,72 juta poundsterling, setara Rp65 miliar. PelangiQQ

” (Harga itu) Memecahkan rekor harga untuk koin Islam apa pun dan koin emas apa pun yang dijual di Eropa,” ucap Lloyd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *