BERITA UNIK

Ajaib, ini 5 Manfaat Mendengarkan White Noise bagi Kesehatan

Ajaib! Ini 5 Manfaat Mendengarkan White Noise bagi Kesehatan 

Pelangiqq Lounge  White noise adalah suara yang kita dengar ketika semua frekuensi suara digabungkan. Suaranya terdengar seperti dengungan dan mungkin tidak begitu menarik untuk didengarkan bagi sebagian orang.

Meski demikian, cukup banyak penelitian yang telah menemukan bahwa mendengarkan white noise ini membawa banyak keuntungan bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat dari white noise? Cari tahu jawabannya di sini.

1. Mengatasi kecemasan

Mendengarkan white noise selama 10-15 menit setelah menjalani hari yang melelahkan sangat bagus untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran. Sebuah studi dari Journal of Nursing Research tahun 2018 menemukan bahwa white noise dapat membantu para lansia dengan demensia.

Dalam studi tersebut, sebanyak 28 dari 63 peserta diminta mengambil bagian dalam mendengarkan white noise selama 20 menit setiap harinya selama 4 minggu. Sementara itu, partisipan lainnya menerima perawatan rutin.

Pada minggu keempat, partisipan yang mendengarkan white noise tercatat mengalami penurunan kegelisahan, serta pemeriksaan status mental dan Indeks Barthel (suatu instrumen pengkajian yang berfungsi mengukur kemandirian fungsional dalam hal perawatan diri dan mobilitas) mereka menjadi lebih baik.

2. Memudahkan tidur

Ajaib! Ini 5 Manfaat Mendengarkan White Noise bagi Kesehatan 

Agen Capsa  Jika kamu sulit tidur atau mudah terbangun di malam hari, cobalah dengarkan white noise sebelum tidur. Dalam buku Say Good Night to Insomnia yang terbit tahun 1998, penulisnya mengatakan bahwa white noise bekerja dengan memblokir suara yang mengganggu dan menghasilkan suara menenangkan yang membuat relaks, serta memicu rasa kantuk.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Caring Sciences tahun 2016 melaporkan bahwa keberadaan mesin pencipta suara white noise dapat meningkatkan waktu tidur orang-orang di ICU koroner, dari 4,75 menjadi 7,08 jam setelah 3 hari. Sementara itu, pada orang-orang yang tidak diperdengarkan white noise tidak mengalami peningkatan waktu tidur

3. Membantu anak-anak yang kesulitan memperhatikan pelajaran

Kurangnya perhatian anak-anak di dalam kelas akan memengaruhi kinerja akademis mereka. Untuk mengatasi hal ini, sekolah dapat memperkenalkan sesi white noise yang menenangkan sebelum pelajaran dimulai. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak fokus di kelas.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Behavioral and Brain Functions tahun 2010, white noise latar belakang eksternal bisa membantu anak-anak sekolah menjadi lebih perhatian di kelas, meningkatkan daya ingat mereka, dan meningkatkan potensi mendapatkan nilai yang baik.

4. Menenangkan anak yang hiperaktif

Ajaib! Ini 5 Manfaat Mendengarkan White Noise bagi Kesehatan 

Poker Online White noise juga bisa sangat membantu menenangkan anak-anak yang hiperaktif. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology tahun 2016, pada anak-anak hiperaktif, didapatkan hasil bahwa mereka yang terpapar white noise tanpa diberikan obat apa pun dapat menjalankan tugasnya dengan tenang dan tanpa gangguan.

5. Mengatasi pikiran yang terlalu aktif

Pernahkah kamu kesulitan tidur atau kesulitan berkonsentrasi karena ada banyak hal yang kamu pikirkan atau terlalu cemas?

Bila ya, menurut laman Yoga Sleep, mendengarkan white noise dapat membantu mengatasi pikiran yang terlalu aktif ini. Ini dikarenakan efek white noise dalam mengurangi kecemasan dan membuatmu lebih tenang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan white noise untuk bermeditasi.

PelangiQQ Ternyata, white noise memiliki manfaat yang tidak main-main. Bahkan, suara dengungan ini bisa sangat membantu bagi kamu yang tinggal di daerah yang bising dan terus-menerus menyebabkan gangguan, karena mampu menutupi suara yang keras.

Kalau kamu mengalami masalah-masalah yang disebutkan tadi, cobalah sering-sering mendengarkan white noise. Beberapa contohnya adalah suara kipas angin atau AC atau suara statis televisi. Kamu juga bisa mengandalkan berbagai aplikasi atau bisa dengan mudah mengaksesnya lewat YouTube untuk kamu dengarkan sebelum tidur. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *