Macam Macam Manfaat Dari Kedelai
BERITA UNIK

Macam Macam Manfaat Dari Kedelai

Pelangi QQ : Macam Macam Manfaat Dari Kedelai

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kacang yang satu ini biasa diolah menjadi susu atau bahan makanan ringan. Kedelai yang tinggi protein ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Simak manfaat kedelai serta berbagai hal lain yang perlu Anda ketahui tetang kedelai berikut ini!

 Pengganti susu sapi

Manfaat kedelai yang pertama adalah sebagai pengganti susu sapi. Salah satu olahan kedelai yang paling populer memang adalah susu kedelai. Kandungan gizi dalam susu sasu kedelai tentunya berbeda, namun karena kandungan nutrisinya yang juga tinggi, sehingga susu kedelai juga tidak kalah manfaatnya dengan susu sapi.

Susu kedelai dapat dikonsumsi oleh para vegetarian atau oleh orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap susu sapi. Susu kedelai juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa karena susu kedelai tidak mengandung laktosa. Keamanan susu kedelai telah teruji, dibuktikan dengan adanya produk susu formula dari susu kedelai yang dapat digunakan untuk menggantikan susu sapi.

Mengontrol kolesterol

Manfaat kedelai yang kedua adalah untuk mengontrol kolesterol dalam darah. Kedelai memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar lemak darah darah. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam kedelai dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Kandungan protein dan saponin juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini masih baru dibuktikan melalui penelitian pada hewan, sehingga masih harus diuji kembali efektivitasnya pada manusia. Agen Capsa

Menurunkan tekanan darah

Manfaat kedelai lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak dalam kedelai dapat membantu melancarkan tekanan darah sehingga tekanan darah lebih terkontrol. Selain itu, kandungan kalium dalam kedelai juga dapat membantu mengatasi kelebihan natrium dalam darah sehingga Anda dapat terhindar dari tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan jantung

Makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga mengontrol tekanan darah adalah makanan yang berpotensi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ketika kada kolesterol dan tekanan darah normal, maka risiko penyakit kardiovaskular juga akan berkutang. Manfaat kedelai untuk melancarkan tekanan darah juga berfungsi untuk menjaga jantung bekerja dengan baik.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Kandungan kalsium dalam susu kedelai memang tidak sebanyak pada susu sapi, tapi bukan berarti kedelai tidak dapat memelihara kesehatan tulang. Kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Macam Macam Manfaat Dari Kedelai

Konsumsi kedelai secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan tulang. Kedelai yang mengandung isoflavon ini juga dipercaya dapat memelihara sendiri dan mengatasi gejala radang sendi.

Mengatasi gejala menopause

Menopause merupakan menurunnya hormon reproduksi wanita ketika memasuki usia 40 tahun ke atas. Kondisi ini bisa ditandai dengan berbagai gejala yang membuat tidak nyaman seperti menurunnya gairah seksual, gangguan tidur, depresi, hot flashes, dan masih banyak lagi gejala lainnya. Wanita yang mengalami menopause juga membuat seorang wanita lebih rentan terhadap berbagai penyakit. PelangiQQ

Kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang dengan efektif menggantikan kekurangan hormon estrogen pada tubuh. Konsumsi kedelai secara rutin ketika memasuki masa menopause akan dapat mencegah dan mengatasi sindrom pascamenopause.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *