Macam Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh
BERITA UNIK

Macam Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Pelangi QQ : Macam Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Minum susu telah menjadi kebiasaan banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan sebagian orang minum susu setiap hari, umumnya saat pagi atau malam hari.Sejak dulu, susu dikenal sebagai asupan bernutrisi tinggi yang menyehatkan. Sehingga banyak manfaat minum susu yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan nutrisi yang melimpah membuat susu menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Berikut beberapa manfaat minum susu yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

Menyehatkan tulang

Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan vitamin D dalam susu juga bermanfaat untuk menjaga tulang.Kedua nutrisi tersebut bisa membantu untuk mencegah penyakit osteoporosis. Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi susu secara rutin dengan risiko osteoporosis dan patah tulang yang lebih rendah.

Membangun massa otot

Susu dianggap sebagai protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Asam amino tersebut dapat membantu membangun dan mencegah kehilangan massa otot.

Macam Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam beberapa penelitian, minum susu dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari hilangnya otot terkait usia.Mengonsumsi susu maupun produk olahan susu juga dikaitkan dengan massa tubuh yang lebih besar dan kinerja fisik yang lebih baik pada orang dewasa. Selain itu, minum susu dapat meningkatkan perbaikan otot pada atlet, seperti kerusakan atau nyeri otot.

Membuat gigi lebih kuat

Susu dipercaya dapat menguatkan gigi karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, laktosa juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengalami kerusakan. Hal tersebut membantu Anda menjaga kesehatan gigi dari kerusakan akibat kuman.

Mencegah naiknya berat badan

Beberapa penelitian mengaitkan minum susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah berat badan bertambah.

Kandungan protein yang tinggi dalam susu dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama setelah meminumnya. Hal ini tentu dapat mencegah Anda untuk makan berlebihan.Selain itu, asam linoleat dalam susu juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan mendorong pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Membantu tidur lebih nyenyak

Sejumlah penelitian menemukan bahwa minum susu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Potensi susu untuk meningkatkan kualitas tidur kemungkinan terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan.

Mencegah dehidrasi

Bukan hanya air putih, susu juga dapat membantu Anda mencegah dehidrasi. Susu dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, dan memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh terutama saat Anda beraktivitas yang memerlukan banyak energi. Agen Capsa

Menjaga kesehatan jantung

Susu sapi merupakan sumber kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit jantung. Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium pun bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Macam Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Namun, pastikan Anda mengonsumsi susu yang bebas lemak jenuh sebab susu yang mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol malah akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *