Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kita
BERITA UNIK

Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kita

Pelangi QQ : Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kita

adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Kendati harganya murah, tomat padat nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan tomat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, tomat bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tomat mengandung senyawa karotenoid tinggi termasuk lutein dan likopen. Kandungan-kandungan tersebut sangat penting bagi kesehatan mata supaya tidak mudah rabun. PelangiQQ

Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kita

Tomat menjadi salah satu sayuran yang paling mudah dikonsumsi karena bisa diolah menjadi jus, salad, isi sandwich, dan berbagai menu masakan. Sayuran ini juga baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Tomat memiliki berbagai jenis dan ukuran, seperti tomat ceri, tomat besar, tomat hijau dan merah. PelangiQQ

Ampuh Menangkal Kanker

Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Dengan komponen ini, tomat adalah buah ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Beberapa penelitian menyebut bahwa kandungan beta karoten yang bersifat antioksidan secara signifikan mampu menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

Warna tomat yang merah menunjukkan bahwa buah ini mengandung likopen. Di mana zat tersebut juga berperan dalam mencegah kanker secara efektif.

Menurunkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Namun, meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek pelebarannya pada arteri.

Studi menunjukkan bahwa kalium tinggi dan natrium yang rendah berkaitan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20 persen.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam tomat adalah komponen penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Peningkatan asupan kalium, bersama dengan penurunan asupan natrium, adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan rata-rata orang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tomat juga mengandung folat. Ini membantu menyeimbangkan level homocysteine, asam amino dari pemecahan protein yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Dengan adanya pengelolaan kadar homocysteine oleh folat yang terkandung dalam tomat, maka hal ini dapat mengurangi salah satu faktor risiko penyakit jantung. Agen Capsa

Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satu andalannya adalah tomat. Agen Capsa

Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kita

Peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan sekitar 38 g per hari untuk pria.

Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang efektif.

Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *