BERITA UNIK

Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes

PelangiQQ – Makanan yang aman untuk penderita diabetes, Pola makan seorang penderita diabetes memang perlu dijaga. Jika salah asupan, kadar gula darah bisa tidak terkontrol sehingga dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi diabetes.

Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang ingin dikonsumsi.

Berikut Beberapa Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes :

1. Karbohidrat kompleks

Secara umum, karbohidrat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Meski keduanya sama-sama diperlukan tubuh, karbohidrat kompleks dinilai lebih sehat, bergizi, serta lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Serat

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ada beberapa pilihan jenis makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi.

3. Protein

Proteinadalah nutrisi yang termasuk dalam 3 makronutrien esensial selain lemak dan karbohidrat. Protein sangat diperlukan tubuh untuk sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Hanya saja, penderita diabetes harus bijak dalam memilih makanan berprotein, karena mereka juga perlu memperhatikan kandungan lemak jenuh dan karbohidrat di dalamnya.

4. Lemak sehat

Penderita diabetes juga perlu mengonsumsi makanan berlemak, tapi lemak yang sehat.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi diabetes, termasuk serangan jantung

5. Vitamin, mineral, dan antioksidan

Untuk memenuhi gizi seimbang dan membantu menjaga kesehatan tubuh, penderita diabetes juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

6. Garam

Menambahkan garam pada makanan untuk penderita diabetes sebenarnya boleh saja. Namun, konsumsi garam harus dibatas karena bisa menaikkan tekanan darah dan berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Asupan garam penderita diabetes tipe 2 harus dibatasi kurang dari 1 sendok teh per hari. Bila ingin mengonsumsi makanan olahan atau kalengan, pastikan kandungan garam atau sodium kurang dari 140 mg per porsi. Namun, penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan olahan. Capsa

7. Pemanis buatan

Penderita diabetes harus memilih makanan dengan tepat, apalagi yang ada hubungannya dengan gula atau makanan manis. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, penderita diabetes dapat mempertimbangkan zat pengganti gula atau pemanis buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *