Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan
BERITA UNIK

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Pelangi QQ : Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Manfaat buah ceri yang kita tahu biasanya sering digunakan sebagai penghias kue karena bentuknya yang mungil dan warnanya yang manis. Selain cantik dilihat dan terasa manis, buah mungil ini ternyata juga menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Ini berkat kandungan buah ceri yang memiliki manfaat luar biasa.

Vitamin

Buah ceri mengandung Vitamin C sebanyak 10,8 miligram, yang diperlukan untuk pembentukan kolagen tulang, darah, otot dan pembuluh darah, serta membantu tubuh menyerap zat besi. Kandungan buah ceri juga memiliki beta karoten dan vitamin K dalam jumlah rendah, vitamin B-6 dan vitamin A.

Kalori, Karbohidrat, dan Gula

Satu cangkir buah ceri mengandung 97 kalori, 25 gram karbohidrat dan 20 gram gula. Sebagian besar kalori berasal dari gula.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

USDA merekomendasikan asupan 130 gram karbohidrat sehari, tetapi mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat harus dibatasi hanya 20 hingga 30 gram saja. Misalnya, makan segenggam ceri saja bisa melebihi batas ini.

Serat

Salah satu manfaat buah ceri adalah kandungan seratnya yang bagus untuk pencernaan. Sebanyak 3 gram serat, ceri memberikan 13 persen dari jumlah harian yang disarankan. Manfaat serat dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit dan membantu penurunan berat badan.

Mineral

Satu cangkir ceri mengandung potasium sebanyak 342 miligram, atau 10 persen dari asupan harian yang disarankan. Kandungan buah ceri juga memiliki tembaga, mangan, magnesium, besi, kalsium, fosfor dan zinc.

Sterol

Ceri mengandung fitosterol yang melimpah. Kandungan buah ceri ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Agen Capsa

Itu dia kandungan gizi dari buah ceri dan penjelasan singkat manfaatnya, dan berikut akan dijelaskan berbagai manfaat ceri untuk Anda.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh

Meski ukurannya yang mungil, manfaat ceri ternyata begitu melimpah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, berikut penjelasannya:

Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin makan ceri bisa melindungi jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa rutin makan buah-buahan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat buah ceri ini berkat kandungan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti potasium dan antioksidan polifenol.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Sebanyak 1 cangkir ceri manis (154 gram) memberikan 10% dari asupan harian kalium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Ini dibutuhkan untuk mempertahankan detak jantung secara teratur dan membantu menghilangkan kelebihan sodium dari tubuh, untuk mengatur tekanan darah. Itu sebabnya asupan potasium yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. PelangiQQ

Buah ceri kaya akan antioksidan polifenol yang kuat, seperti anthocyanin, flavonol, dan katekin, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi dari kerusakan sel dan mengurangi peradangan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Berkat kandungan anti-inflamasi, manfaat buah ceri bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat, terlebih lagi ceri memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding buah-buahan lainnya. Itu berarti buah ceri tidak memicu lonjakan, tetapi dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Ini membuat keduanya memberikan perlindungan terhadap diabetes, dan penting juga untuk mengelola kondisi jika sudah mengalami diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *