Uncategorized

12 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Cegah Penuaan Dini

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Cegah Penuaan Dini

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan sudah cukup terkenal di seluruh penjuru Asia, terutama Tiongkok. Salah satu manfaat buah kesemek untuk kesehatan mata merupakan yang paling terkenal. Tidak hanya manfaat buah kesemek untuk kesehatan mata saja, buah ini juga mampu memberi berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh PelangiQQ

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya langsung seperti buah pada umumnya. Namun, alangkah lebih baik jika sebelum mengonsumsi buah kesemek untuk mengolesinya dengan garam. Hal tersebut bertujuan agar rasa sepat dari buah kesemek berkurang, agar tidak mengganggu kenikmati ketika mengonsumsinya.

Di Indonesia sendiri, buah kesemek dapat dengan mudah ditemukan di sekitar daerah Sumatera Utara terutama daerah Brastagi. Buah kesemek ini juga bisa ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur. Umumnya buah kesemek ini sangat subur dan mudah tumbuh di daerah dengan suhu yang cukup sejuk seperti di daerah pegunungan

Menjaga Kesehatan Mata dan Hati

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Cegah Penuaan Dini

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang paling terkenal yaitu dalam menjaga kesehatan mata. Sama seperti wortel, buah ini memiliki warna oranye yang ternyata di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A inilah yang akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan mata.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Selain kandungan vitamin A yang tinggi pada buah kesemek, buah ini juga kaya antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut sangat bermanfaat dalam menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan tubuh. Radikal bebas memang merupakan racun yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Biasanya racun tersebut harus disaring oleh hati. Kondisi hati yang terus menerus bersinggungan dengan racun tentu akan berakibat semakin menurunnya kemampuan hati dalam menyaring racun dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kesemek, maka akan membantu agar hati mengalami detoksifikasi Agen Capsa

Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

3. Mencegah Kanker

Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalam buah kesemek, akan membantu dalam mencegah berbagai radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh, dan sangat tinggi resiko dalam menyebabkan kanker. Selain itu, kondisi tubuh juga akan semakin diperkuat karena adanya asupan vitamin A dan vitamin C, serta ada tambahan senyawa fenolik yang semakin menjauhkan tubuh dari risiko kanker.

4. Mencegah Penuaan Dini

Selain itu, buah kesemek juga kaya akan nutrisi penting, seperti beta-karoten dan lutein. Nutrisi tersebut akan berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, nutrisi yang ada pada kesemek ini juga akan membantu dalam mengurangi stres dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, mudah lelah, berkurangnya kemampuan pengelihatan, otot yang mulai lemah, dan keriput.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Metabolisme

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada beberapa poin sebelumnya sempat dijelaskan bahwa buah kesemek memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C. Kandungan tersebut akan sangat baik bagi menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang. Dan kandungan vitamin C ini juga akan merangsang produksi sel darah putih yang sangat diperlukan tubuh dalam melindungi dan melawan infeksi.

6. Meningkatkan Metabolisme

Salah satu kandungan buah kesemek yang lainnya yaitu vitamin B. Bahkan kandungan vitamin B pada ini cukup beragam seperti asam folat dan tiamin. Kandungan vitamin tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh atau meningkatkan aktivitas metabolik.

Menurunkan Tekanan Darah dan Berat Badan

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan tanin atau asam tanat yang ada di dalam buah kesemek akan membantu tubuh dalam menurunkan kadar tekanan dalam darah. Sangat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tanin sangat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Gangguan kesehatan berupa tekanan darah tinggi ini dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung hingga stroke Poker Online

8. Menurunkan Berat Badan

Kesemek memang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan kalori cukup rendah. Rendahnya kandungan kalori pada buah kesemek akan baik untuk dikonsumsi ketika Anda sedang dalam masa diet. Selain rendah akan kalori, kesemek juga memiliki serat yang mampu memberi rasa kenyang lebih lama agar menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Mengurangi Kadar Kolestrol dan Peradangan

9. Mengurangi Kadar Kolestrol

Kolesterol mungkin cukup menjadi momok yang menakutkan di dunia kesehatan, karena kolesterol yang menumpuk di arteri bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, konsumsi buah kesemek secara rutin akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

10. Mengurangi Peradangan

Buah kesemek mengandung tanin yang berguna dalam meredakan peradangan sebagai reaksi normal imun ketika terpapar zat yang berbahaya dari luar tubuh. Apabila Anda sering mengalami perdangan tersebut, maka ada baiknya untuk mengonsumsi buah kesemek agar peradangan dapat teratasi. Sebab, jika peradangan sudah terlanjur kronis maka dapat menyebabkan kanker hingga jantung koroner.

Menurunkan Retensi Air dan Meningkatkan Sel Darah Merah

11. Menurunkan Retensi Air

Buah kesemek memiliki efek diuretic jika dikonsumsi, efek ini akan membantu dalam menurunkan sekaligus menghilangkan retensi air serta menambah volume urin yang keluar dari ginjal. Buah kesemek juga mengandung kalium yang berfungsi dalam mencegah terbuangnya mineral esensial ketika proses buang air kecil.

12. Meningkatkan Sel Darah Merah

Buah kesemek juga bermanfaat dalam meningkatkan produksei dari sel darah merah. Sel darah merah ini akan bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia. Anemia biasanya diakibatkan sel darah merah lamban diperoduksi dan penyebab umumnya karena kekurangan zat seperti tembaga yang akan membantu dalam menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi tubuh.

Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi buah kesemek agar mendapatkan berbagai manfaat buah kesemek untuk kesehatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *