BERITA UNIK

Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan

Buah nanas banyak dikaitkan dengan berbagai mitos dan dianggap kurang baik dikonsumsi, terlebih bagi kalangan wanita. Padahal buah tropis ini mengandung banyak manfaat jika dikonsumsi secara matang sempurna.

Kandungan nutrisi yang dimiliki nanas mampu mencegah dan mengobati tubuh dari berbagai penyakit. Berikut ini 9 khasiat atau manfaat buah nanas yang sebenarnya bisa menyehatkan jika kita tahu porsi tepat dalam mengonsumsinya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih sehingga sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik dan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Sebuah studi PELANGIQQ menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi nanas kalengan memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengonsumsinya selama periode studi sembilan minggu.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa rutin memakan nanas, satu hingga dua kaleng (140 hingga 280 gram) dapat mengurangi kemungkinan infeksi atau paling tidak mempersingkat durasinya.

2. Memperkuat tulang

Selain kaya vitamin C, nanas juga mengandung banyak mangan yang berguna untuk memperkuat tulang dan jaringan penghubung, serta mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. 76% kebutuhan mangan harian kita dapat terpenuhi bila mengonsumsi satu cangkir jus nanas segar tanpa dicampur dengan gula.

3. Obat dari berbagai penyakit

Seperti kebanyakan buah lainnya, nanas juga merupakan salah satu buah yang cocok untuk dijadikan obat dari berbagai penyakit seperti sinus, batuk, pilek, hingga peradangan.

Ini terjadi karena kandungan enzim bromelain anti inflamasi dan vitamin C yang dapat mengurangi masalah pembengkakan hingga pernapasan, serta mengurangi peradangan dan lendir berlebih di tenggorokan dan juga hidung.

Enzim bromelain pada nanas ini juga dipercaya bisa mengurangi arthritis, sebuah penyakit akibat radang sendi dan otot

4. Membantu mencegah berbagai penyakit kronis, terutama kanker

Radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh akan menyebabkan sel-sel tubuh rusak, sistem kekebalan melemah, dan mengundang berbagai penyakit kronis. POKERONLINE

Namun adanya kandungan anti oksidan pada nanas yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik akan membantu menangkap dan melawan radikal bebas ini, sehingga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker tertentu.

5. Jaga kesehatan mata

Ternyata bukan hanya vitamin A lho yang ambil bagian dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C pun bisa sangat diandalkan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit mata, seperi katarak, rabun, hingga tumor mata. AGENCAPSA

Apalagi nanas juga mengandung banyak beta karoten yang diperlukan untuk membuat penglihatan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuang

Buah nanas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *