Manfaat Bubuk Kopi untuk menyembuhkan Luka
BERITA UNIK

Manfaat Bubuk Kopi untuk menyembuhkan Luka

Ada efek lain dari Kafein dalam Kopi

PelangiQQ Lounge – Manfaat Bubuk Kopi untuk menyembuhkan Luka. Kafein merangsang susunan saraf pusat, sehingga tubuh terasa bugar setelah meminum kopi. Namun tahukan Kamu kalau kopi ternyata tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman, melainkan juga dapat mempercepat penyembuhan luka?

Cukup dengan menaburkan bubuk kopi di atas permukaan luka, maka akan membantu luka tetap lembap dan jaringan di area tersebut menyembuhkan diri lebih cepat. Poker Online

Setelah luka dibersihkan, maka Kamu tinggal menaburkan bubuk kopi hingga luka itu sembuh. Kebanyakan luka lebih cepat sembuh jika kasa diganti setiap 3 sampai 4 pekan sekali dan jangan terlalu sering. Pasalnya, mengganti kasa terlalu sering (setiap hari) justru menganggu proses penyembuhan, memicu inflamasi, dan trauma psikis akibat nyeri.

Baca juga Makanan ini cukup extrim,berani coba?

Bubuk kopi mempunyai kandungan antibakteri, antioksidan primer dan sekunder, serta antiinflamasi. Jadi, fase inflamasi akan berkurang dan penyembuhan terjadi lebih cepat.

Senyawa fenolat dalam kopi, seperti asam p-koumarat dan asam kafeat, bukan sekadar menyumbangkan aroma harum pada kopi, tetapi berkhasiat sebagai antioksidan, yang membantu proses penyembuhan luka. Dilansir Wacana PelangiQQ, terdapat empat kelompok polifenol sebagai antioksidan, yakni asam fenolat, flavonoid, lignin, dan stilbenes.

Kandungan dalam Kopi

Nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) kopi 15.000–17.000 per 100 gr. ORAC merupakan ukuran aktivitas atau kekuatan antioksidan pada makanan dan minuman. Bandingkan dengan nilai ORAC stroberi yang hanya 4.322, anggur 1.260, ataupun pisang 879. Adapun polifenol bekerja dengan menangkap radikal bebas yang dihasilkan oleh luka. Peran lain polifenol adalah mencegah reaksi berantai, yang memicu kerusakan deoxyribonucleciic acid (DNA) sel.

Bubuk kopi yang ditaburkan pada luka dapat bertahan selama 3-4 pekan, sehingga tidak menimbulkan nyeri saat penggantiannya. Namun jika bubuk kopi tumpah atau pembalutnya kotor, dapat diganti lebih cepat. Luka sebaiknya jangan dibasahi, karena akan membuat proses penyembuhannya lebih lama.

Dibaca juga 6 Khasiat tak terduga Daun Mangga bagi kesehatan

Setelah ditaburkan bubuk kopi, Kamu tak perlu menutup luka dengan kasa. Serbuk kopi yang menempel di atas luka dapat berfungsi sebagai penutup luka. Tidak perlu khawatir luka akan dikerubungi lalat. Pengalaman klinis menunjukkan, lalat tidak menghampiri luka yang dibubuhi kopi.

Manfaat Bubuk Kopi untuk menyembuhkan Luka. Luka yang ditaburi kopi dapat menghilangkan bau yang tidak sedap. Bubuk kopi juga menyerap cairan, sehingga mempercepat penyembuhan, tutur guru besar ilmu bedah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Hendro Sudjono Yuwono.

Pembuktian dari Penelitian

Penelitian kopi di Universitas Jember oleh Yuli Witono, mengungkapkan bahwa kopi berperan sebagai antimikroba, yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Ia menduga, taburan bubuk kopi arabika yang lebih asam di atas luka membuat bakteri tak nyaman tinggal di sana.

Menurut Yuli, jika bubuk kopi berkadar air 4% ditaburkan di atas luka, akan menyerap air dan menurunkan aktivitas air. Alhasil, ini akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *